Booking.com

OKI Targetkan Lima Tahun Persoalan Listrik Rampung

Bupati OKI, Iskandar SE, mendengarkan aspirasi masyarakat soal listrik di desannya. | Dok KS

Bupati OKI, Iskandar SE, mendengarkan aspirasi masyarakat soal listrik di desannya. | Dok KS

Dibawah kepemimpinan Bupati OKI, Iskandar SE, selama lima tahun kedepan persoalan listrik di Kabupaten OKI, khususnya diwilayah pelosok yang saat ini belum dialiri listrik akan dirampungkan.

Tahun ini pemerintah Kabupaten OKI, melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Ditamben) setempat mengangarkan Rp30 miliar lebih untuk pemasangan listrik desa, pengadaan pambangkit listrik tenaga surya, LPJU dan perluasan jaringan listrik.

Bupati OKI, Iskandar SE, sebelumnya telah mengatakan, persolan infrastruktur di pedesaan akan menjadi perhatian serius selama kepemimpinanya. Salah satunya listrik masuk desa (lisdes). Setidaknya tahun 2015 ini tiga kecamatan menjadi prioritas untuk pasang jaringan listrik baru, Kecamatan Sungai Menang, Cengal dan Air Sugihan.

“Tahun ini akan dipasang jaringan baru untuk tiga kecamatan itu,” kata Iskandar SE.

Kepala Distamben OKI, Ir Man Winardi, menambahkan selain pemasangan jaringan listrik baru, tahun ini juga akan dibagikan ratusan unit PLTS, perluasan jaringan dan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang ada dibeberapa kecamatan di OKI.

“Tahun ini untuk APBD OKI kita anggarkan Rp30 miliar lebih untuk listrik,” kata Man Winardi, saat dibincangi Kabar Sumatera, Senin (2/2) di ruang kerjanya.

Man Winardi mengatakan, pemerintah Kabupaten OKI memiliki komitmen untuk memperhatikan persoalan listrik. Oleh karena itu, kata Man, selama kepemimpinan Bupati OKI, masalah listrik secara bertahap akan dirampungkan.

“Setiap tahun kita akan anggarkan untuk listrik. Artinya bila tahun ini masih ada desa yang belum mendapat penerangan, saya minta untuk bersabar karena akan dianggarkan di tahun berikutnya.” ujar Man Winardi seraya mengatakan selain anggaran APBD nanti juga akan ditambah anggaran APBN untuk PLTS yang saat ini belum final angkanya.

Adapun realisasi listrik tahun 2014 lalu setidaknya pemerintah OKI, telah memasangkan 15 desa di Air Sugihan, dari 19 desa yang ada.

“Untuk Air Sugihan tinggal 4 desa lagi. Dan itu capaian yang membanggakan,” ungkapnya.

Dia merincikan untuk tahun 2015 ini proyek listrik yang akan dipasangkan ke beberapa desa pelosok adalah. Kecamatan Sungai Menang, Cengal dan Air Sugihan desa Srijaya Baru, Mukti Jaya, Bandar Jaya dan Marga Tani jalur 25 untuk pemasangan jaringan listrik baru. Program listrik desa (lisdes) dana pusat, Desa Sumber Hidup, Kecamatan Pedamaran Timur, Mesuji Jaya, Kecamatan Mesuji Makmur, Pangaraian, Kecamatan Tanjung Lubuk, Pematang Panggang, Kecamatan Mesuji, Ulak Tembaga, Tanjung Aur, dan Batun Baru, Kecamatan Jejawi.

PLTS untuk beberapa desa terpencil di sejumlah kecamatan dan LPJU di Kecamatan Kayuagung, Pedamaran, Mesuji Makmur, SP Padang, Jejawi serta pemasangan terapo baru dibeberapa titik. (ADV)

 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com