Jaringan Listrik PLN dipasang, PLTS Sungai Jernih Dipindahkan

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Kehutanan Perkebunan Pertambangan dan Energi (Dishutbuntamben) memastikan, beberapa unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) akan dipindahkan.

Kepala Dishutbuntamben Empat Lawang, H Susyanto Tunut mengatakan, salah satu pemindahan PLTS itu akan dilaksanakan di talang Sungai Jernih Desa Tanjung Kupang Baru, yang akan dialihkan ke salah satu talang di Kecamatan Pendopo.

“Pemindahan ini nanti bukan karena apa-apa, melainkan karena talang di desa Sungai Jernih tahun 2015 ini akan dipasang jaringan listrik PLN,” jelas Susyanto Tunut, kemarin.

Dengan adanya pemindahan PLTS kata Susyanto, diharapkan daerah talang yang jangkauannya masih jauh dari pemasangan jaringan listrik dapat menikmati aliran listrik ketika di malam hari.

Namun ia meminta kepada masyarakat yang mendapatkan pemindahan PLTS ini dapat memanfaatkan secara betul PLTS yang ada sehingga PLTS yang ada dapat beroperasi dengan baik.

Untuk itu Susyanto Tunut menyatÑakan pihaknya akan mengajak masyarakat yang mendapatkan pemindahan PLTS itu untuk studi banding mencotohkan daerah yang berhasil di talang Sungai jernih tadi.

“Sebab nanti adanya PLTS itu mereka ada iuran sendiri untuk operasional PLTS itu sendiri,”katanya.

Mengapa begitu, Susyanto Tunut tidak mau adanya selentingan kedepannya, kalau pengoperasional itu ada pungutan liar yang dilakukan oleh pihaknya, namun itu murni untuk menjalankan operasional PLTS yang ada.

Bahkan menyatakan, operasional PLTS itu sendiri juga dikelola oleh warga talang setempat yang nanti akan diajarkan melalui pelatihan-pelatihan yang ada.

“Saya tidak ingin nanti adanya laporan ke Kepolisian, ke Kejaksaan, tapi laporan itu ujung-ujungnya yang dirugikan masyarakatkan, kalau PLTS tidak bisa dioperasionalkan,” katanya.

Susyanto Tunut menyatakan adanya pemindahan PLTS ini merupakan bagian dari seringnya Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri yang blusukan hingga talang-talang yang takjub dengan perkembangan perekonomian yang pesat di daerah talang-talang.

“Sehingga wajar kalau kita aliri listrik meski sementara ini menggunakan PLTS,” jelasnya.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR       : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com