Kasus Kriminal Meningkat di Mesuji Raya

KAYUAGUNG – Sebanyak 35 kasus yang terjadi di wilayah Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang kini belum terungkap sehingga menjadi perhatian khusus bagi pihak kepolisian.

Meningkatnya tindak kejahatan tersebut, lantaran hasil petani karet dan sawit harga jualnya turun. Maka itu, tindak kejahatan seperti perampokan dan penodongan tercatat 11 kali kejadian.

Kemudian, kasus pembobolan rumah tercatat sebanyak 24 kali selama 5 bulan terakhir. Aksi kejahatan inilah menjadi perhatian khusus bagi masyarakat dan pihak keamanan dari kepolisisan untuk tetap waspada dan galakan pos kambling.

Menurut tokoh masyarakat (Tomas) Darmiat, dari aksi pelaku tindak kejahatan di Kecamatan Mesuji Raya ini telah menyebabkan korbannya meninggal dunia dan ada lagi korban yang mengalami cacat fisik seumur hidup.

“Selama 5 bulan terakhir ada 35 kasus tindak kejahatan di Kecamatan Mesuji Raya, 11 kasus perampokan dan 24 kali kejadian pembobolan rumah,” kata Darmiat saat menyampaikan kata sambutan dihadapan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Iza Fadri SIk SH, belum lama ini.

Dengan maraknya tindak kejahatan, maka warga berinisiatif untuk melakukan aksi 1000 kentongan.

“Sekarang ini sudah tidak aman, sehingga warga harus lebih berwaspada dan meningkatkan penjagaan melalui pos kamling,” tutur Darmiat.

Untuk itu, warga Mesuji Raya mengharapkan, pihak kepolisian agar meningkatkan patroli. Dimana, tindak kejahatan sekarang ini semangkin menggila dan pelaku kejahatan tidak segan-segan melakukan kekerasan dan akhirnya membunuh, terbukti sudah ada warga Mesuji Raya yang tewas dan ada yang cacat fisik hingga sekarang.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Dr Iza Fadri SIk SH melalui Kapolres OKI AKBP Erwin Rachmat SIk mengatakan, ditabuhnya kentongan oleh Kapolda Sumsel Bapak Irjen Pol Prof Dr Iza Fadri SIk SH berarti, masyarakat dan pihak kepolisian harus bersama-sama meningkatkan keamanan di daerah masing-masing.

“Antara masyarakat dan pihak kepolisian saling berkoordinasi agar tercipta hubungan yang baik dan bisa saling memberikan informasi sekecil apa pun baik melalui telpon ke polsek terdekat atau pun langsung ke Polres OKI,” kata AKBP Erwin Rachmat.

Sementara itu, Kasat Reskrim AKP N Edyanto SIk SH menegaskan, kasus-kasus kriminal yang terjadi di Mesuji Raya sebagian sudah terungkap. Yang jelas kasus perampokan besar-besaran yang menjadi korban orang KUD, tersangkanya saat itu berhasil dilumpuhkan.

“Sebanyak 6 tersangka yang kerap beraksi melakukan tindak kejahatan di Mesuji Raya dan sekitar sudah ditangkap,” kata AKP Edyanto. Untuk itu, keamanan ini tidak hanya dijaga oleh pihak kepolisian juga pihak masyarakat harus jauh lebih berperan memberikan rasa aman dan nyaman.

“Keamanan ini untuk kita semua, dan saya harapkan masyarakat memberikan informasi ke pihak kepolisian secepatnya apabila ada hal yang mencurigakan,” harap Kasat Reskrim seraya menyebutkan nomor handphonenya dengan nomor 081278832006,” tandasnya.

 

TEKS         : DONI AFRIANSYAH

EDITOR     : FJ ADJONG


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *