Agus Yudiantoro Pj Bupati Muratara

Pose bersama pj bupati dan gubernur Semsel, | Dok KS

Pose bersama pj bupati dan gubernur Semsel, | Dok KS

Penjabat (Pj) Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), H Agus Yudiantoro akhirnya resmi dilantik oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Jumat (30/1) di Graha Auditorium Bina Praja, Palembang.

Disampaikan Alex, keputusan terpilihnya Agus sesuai dengan usulan yang diajukannya ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu. Ia menegaskan, sebelum mengambil sumpah penjabat Bupati Muratara, dirinya banyak mendapatkan teror pesan singkat agar dirinya segera menetapkan figur penjabat yang sesuai dengan keinginan segelintir kelompok. Tak hanya itu, dirinya juga banyak mendapatkan laporan mengenai aksi unjukrasa di Kemendagri.

“Macam-macam ancamannya. Mulai dari aksi bakar-bakaran, blokade jalan, hingga unjukrasa yang akan dilakukan. Coba saja kalau berani. Akan kita tindak tegas,” katanya usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan penjabat Bupati Muratara serta sejumlah eselon II, III dan IV di Kantor Pemprov Sumsel, kemarin.

Ia berkata, meski ada ancaman tersebut, dirinya menilai jika hal tersebut hanya gertak sambal. Ia menilai jika, tugas berat sudah menanti Agus untuk membangun daerah pemekaran serta mempersiapkan pesta demokrasi mendatang.

“Makanya saya memilih netral. Setidaknya ada empat kelompok yang meminta agar calonnya masing-masing dijadikan penjabat Bupati. Jadi, dia (Agus) ini tidak boleh mencalonkan diri sebagai Bupati nantinya,” tegas Alex.

Agar meredam gejolak pasca pelantikan ini, dirinya berharap agar penjabat Bupati untuk bersikap tegas serta menginformasikan siapapun yang berniat berlaku anarkistis.

Ungkap Alex, Agus Yudiantoro hanya melaksanakan tugasnya sebagai penjabat Bupati selama satu tahun kedepan, terhitung hari ini. Meski nantinya akan ada perpanjangan masa jabatan, periodenya tidak akan lama.

Selain Agus Yudiantoro, Alex juga kembali melakukan rotasi terhadap sejumlah pejabat di sejumlah eselon di lingkungan Pemprov Sumsel. Setidaknya, Eselon II sebanyak 3 orang, Eselon III sebanyak 7 orang serta Eselon IV berjumlah 28 orang.

Khusus Eselon II, Karo Kesra Setda Sumsel, Richard Cahyadi digeser ke posisi Kaban Kesbangpol Sumsel. Sedangkan Yusnin, pejabat Kaban Kesbangpol menjabat sebagai Kaban Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan dan Desa (BPMPD) mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Agus Yudiantoro.

Kepala Dinas Pariwisata Sumsel, Farhat Syukri juga dicopot dari jabatannya menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi. Posisinya untuk sementara digantikan Irene Camely Sinaga sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Alex menegaskan, pergeseran tersebut dilakukan untuk mencari komposisi terbaik dan bukan merupakan keputusan akhir.

“Saya lihat enam bulan kedepan. Sanggup atau tidak. Saya memerlukan pejabat Pemprov yang disiplin dan berkompeten,” imbuhnya.

Sementara, Penjabat Bupati Muratara, Agus Yudiantoro mengaku akan fokus dalam pengembangan infrastruktur di Kabupaten Muratara. Tak hanya itu, dirinya juga segera melakukan dialog dengan masyarakat sebagai bentuk pendekatan antara pemerintah dan masyarakat.

“Baik itu formal atau informal akan kita lakukan, termasuk mengenai kesiapan Pilkada pun, kita akan berkoordinasi dengan KPU setempat,” tutupnya. (ADV)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *