2015 Palembang Miliki Pasar Batu Akik

Pembeli sedang memilih batu akik, di komplek Pasar Cinde, Palembang. | Dok KS

Pembeli sedang memilih batu akik, di komplek Pasar Cinde, Palembang. | Dok KS

PALEMBANG – Semakin menjamurnya pecinta batu akik maupun permata di Metropolis, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berinisiatif untuk membangun tempat khusus untuk menampung komunitas penghobi batu.

Plt Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, rencana tersebut akan di wujudkan tahun 2015 ini, mudah-mudahan segera terealisasi, untuk lokasinya sudah ada yakni di kawasan Jakabaring, tepatnya di samping Taman Pelangi Sriwijaya (TPS) Jakabaring.

“Insyaallah 2015 ini segera terwujud, tim sudah melihat lokasi. Kami juga sudah berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, karena lahan yang ada di Jakabaring kebanyakan milik Pemprov Sumsel,”katanya, belum lama ini.

Sambung Harnojoyo, sekarang ini, pecinta batu kebanyakan berkumpul di kawasan Jalan Jenderal Sudirman dan Pasar Cinde. Kedepan, mereka akan disatukan di satu tempat. Ia mengaku, tempat khusus tersebut, bukan hanya untuk menampung pecinta batu, tapi semua komunitas.

“Semua komunitas pecinta batu, barang antik dan lainnya akan berkumpul di satu kawasan yakni Jakabaring,”ujarnya.
Staf Ahli Wali Kota Palembang, Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Sudirman Tegoeh mengatakan, pihaknya sudah melakukan tinjauan ke lokasi tempat perkumpulan komunitas tersebut.

“Alhamdulillah, Detail Engineering Design (DED) nya sudah selesai dibuat oleh Dinas Tata Kota (DTK) Palembang,” katanya.

Sudirman menejelaskan, tempat khusus atau pasar hobi ini akan dibangun dua lantai, dimana lantai dasar untuk komunitas koleksi benda hidup, yakni pasar ikan, burung, reptil, bonsai, serta tanaman hiasan lainnya. Sementara lantai dua, untuk pecinta batu akik, barang antik dan lainnya.

“Mudah-mudahan, semua komunitas ini berkembang baik. Setelah adanya tempat khusus ini,”harapnya.

Sudirman menambahkan, adanya tempat khusus berbagai komunitas di Jakabaring tersebut, bisa membuat daya tarik wisata ke Kota Palembang.

“Lokasi itu akan menjadi tujuan wisata di Palembang, artinya tempat wisata kita akan bertambah,”ulasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Palembang, Yanuarpan mengatakan, pasar hobi tersebut sangat menjanjikan untuk pengembangan wisata di Metropolis.

“Selain itu, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Palembang juga akan meningkat,” tutupnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *