Elpiji 3 Kg Naik Awal Februari ?

Ilustrasi Tabung Gas Elpiji | Dok KS

Ilustrasi Tabung Gas Elpiji | Dok KS

PALEMBANG – Awal Februari 2015 mendatang Pemerintah akan kemabli berencana menaikan elpiji untuk ukuran 3 kg sebesar Rp3.000 per tabung. Naiknya harga elpiji 3 kg ini dikarenakan bertujuan untuk memangkas beban subsidi yang mencapai Rp36,7 triliun pada tahun 2014 lalu.

Senior Supervisor External Relation PT Pertamina Operational Regional II Alicia Irzanova mengatakan, untuk kenaikan elpiji 3 kg ini masih wacana pemerintah, sebab masih dikaji kenaikkannya. Apakah harga dinaikkan atau subsidi ditambah. Pastinya kami menunggu petunjuk teknis saja jika terjadi kenaikan.

“Tahun ini pemerintah mengalokasikan dana untuk subsidi elpiji 3 kg sebesar Rp55 triliun dengan akumulasi penggunaan sebanyak 5,7matrik ton (MT). Namun karena khawatir jebol, pemerintah berencana akan menaikkan harga gas elpiji 3 kg sebesar Rp1.000 per kg,” katanya, Kamis (29/1).

Saat ini, pemerintah masih menangung beban subsidi elpiji sebesar Rp9.650 per kg. Opsi lain agar harga elpiji stabil, kementerian ESDM juga mengajukan penambahan dana untuk subsidi elpiji sebesar Rp25 triliun.

“Ya, secara nasional saat ini rata-rata harga elpiji 3 kg sebesar Rp13.250 per tabung. Jika terjadi kenaikkan, maka harga akan ditetapkan menjadi Rp16.250 per tabung,” ujarnya.

Sedangkan untuk di Palembang, harga eceran tertinggi elpiji 3 kg yang ditetapkan pemerintah daerah sebesar Rp14.800 per tabung.  “Harga elpiji 3 kg itu ditetapkan oleh pemda karena ada biaya distribusi dan operasional lain sehingga harga tiap daerah berbeda-beda. Untuk di Sumsel sendiri harga tertinggi terjadi di Musibanyuasin (Muba) sebesar Rp 20.000 per tabung,” kata Alicia.

Dia menyebutkan khusus untuk Sumsel, saat ini konsumsi gas elpiji 3 kg sebanyak 400 Matrik Ton (MT) per hari atau sekitar 162.000 MT selama tahun 2014. Artinya khusus di Sumsel saja pemerintah harus menanggung beban subsidi elpiji sebesar Rp1,5miliar per tahun.

“Upaya untuk meminimalisir membengkaknya subsidi inilah pemerintah memiliki wacana memangkas subsidi elpiji 3 kg,” ucap Alicia seraya menyatakan total agen gas 3 kg di Sumsel capai 104, termasuk 33 agen 3 kg di Palembang.

Komaria, salah satu warga Srijaya Negara Palembang mengakui terkejut dengan adanya rencana pemerintah yang akan kembali menaikkan harga elpiji 3 kg. Sebab, pada semester II/2014, pemerintah daerah telah menaikkan Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji 3 kg dari Rp13.000 menjadi Rp14.000 per tabung.

“Kita memintah pemerintah lebih peka lagi denga rencana akan menaikan elpiji 3 kg ini. Apalagi pasca penaikan BBM akhir tahun lalu, semua kebutuhan pokok mengalami kenaikan, walaupun harga BBM kembali diturunkan,” ujarnya.

 

TEKS       : AMINUDDIN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *