Tumbuhkan Nasionalisme, 261 Siswa Ikuti Cerdas Cermat 4 Pilar

Acara Cerdas cermat tingkat SLTA. | Foto : Joen KS

Acara Cerdas cermat tingkat SLTA. | Foto : Joen KS

INDERALAYA – Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar, yang digelar Dinas Pendidikan (Disdik), Kabupaten Ogan Ilir (OI), sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan pelajar di Ogan Ilir.

Hal tersebut diungkapkan Kadisdik OI, Sidharta, saat digelarnya lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Kebangsaan, di Gedung Caram Seguguk, Kompleks Perkantoran Terpadu (KPT), Tanjung Senai Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (28/1).

“Ya, kegiatan ini upaya kita untuk menumbuhkan rasa nasionalisme. Kita tidak ingin pelajar kita hilang rasa nasionalismenya,” tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini  juga untuk mengetahui pemahaman dari sila-sila Pancasila, makna, dan realisasinya dalam kehidupan sehari-hari. Lomba ini mengandung maksud adalah lomba cerdas cermat Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara termasuk rasa nasionlismenya.

”Sistem penilaian yang kita berikan kepada peserta lomba cerdas cermat dilakukan system gugur,’’ ujarnya.

Digelarnya lomba cerdas cermat ini, lanjutnya, juga untuk mencari Sekolah SMA/SMK dari Kabupaten OI untuk kemudian menjadi wakil mengikuti cerdas cermat pada tingkat Propinsi Sumsel pada Maret mendatang.

‘’Selain untuk menumbuhkan nasionalisme dari para peserta anak didik, kita juga memasyarakatkan dan membudayakan pentingnya penyelenggaraan kehidupan berkonstitusi melalui pemahaman aturan dasar bernegara, khususnya di kalangan generasi muda, kemudian membangun dan membina persahabat antar generasi muda yang dapat memperkokoh persatuan bangsa,’’ ungkapnya.

Dalam lomba tersebut, sebanyak 261 siswa  dari 29 SMA dan  SMK  Se-Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang mengikuti Cerdas Cermat 4 Pilar Kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Masing-masing sekolah mengikutsertakan sembilan  siswanya.

 

 

Teks : Junaedi

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *