Jalan Menuju Bara Lestari Rusak Parah

FT jalan warga rusak menuju perumahan bara lestari. | Dok KS

FT jalan warga rusak menuju perumahan bara lestari. | Dok KS

MUARAENIM – Jalan yang menghubungkan BTN Midangan menuju Perumahan Bara Lestari Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul saat ini kondisinya mirip kubangan kerbau. Ditambah dengan musim hujan sekarang ini, memperparah jalan utama warga tersebut.

Akibatnya, aktivitas warga yang tinggal di Perumahan Bara Lestari menjadi terganggu dan warga harus memutar menggunakan jalan lain.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera, Rabu (28/1), jalan berlumpur bak kubangan kerbau tersebut terdapat di sejumlah titik. Kondisi tersebut membuat warga kesulitan melintas dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Menurut keterangan warga, kondisi ini sudah dirasakan oleh pengguna jalan sejak cuaca hujan sering terjadi beberapa ini. Jalan dengan panjang lebih dari 1 kilometer itu hingga sekarang masih tanah dan belum pernah diaspal. Sehingga hal tersebut diduga menjadi salah satu penyebab jalan menjadi mirip kubangan kerbau.

“Jalan ini memang tidak layak dilewati karena belum beraspal. Tetapi warga tidak ada pilihan lain untuk cepat sampai ke rumah,” ungkap Faqih pengguna jalan yang tengah melintas.

Dirinya mengatakan, jika kondisi ini sudah lama dibiarkan, akibatnya tidak sedikit para pengendara terjatuh saat melewati kubangan di jalan tersebut. Menurutnya, warga sudah lama menggunakan jalan ini untuk aktivitas sehari-hari.

“Ini jalan utama dengan ukuran lebar, sehingga mobil bisa leluasa lewat. Tetapi kalau kondisinya becek dan berlumpur seperti ini membuat susah semua mas. Kita berharap dapat segera diaspal,”tuturnya.

Sementara itu, Irawan, warga Tanjung Enim mengatakan, bahwa jalan tersebut dibuat oleh PTBA untuk kepentingan warga Perumahan Bara Lestari. Sebagai kompensasi untuk pemindahan warga atas dapur dan sekitarnya.

Namun, kata dia, sekarang ini jalan tersbut juga dilewati oleh truk-truk pengangkut batubara dari tambang rakyat yang ada di kanan kiri jalan tersebut.

“Infonya kalau masih ada aktivitas tambah rakyat, jalan ini belum akan di bagusi,” katanya.

 

TEKS       : SISWANTO

EDITOR   : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *