Fantastis, Ongkos Biaya Lampu Jalan Rp 5 Miliar

Ilustrasi | Bagus Park

Ilustrasi | Bagus Park

PALEMBANG – Angka yang sangat fantastis, sedikitnya Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Palembang harus menggelontorkan uang sebesar Rp 5 miliar untuk membayar biaya listrik lampu jalan maupun lampu hias yang ada di Metropolis.

Sekretaris DPJPP Palembang Novrian Fadillah mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan dana sebesar Rp 48 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang 2015 untuk membayar biaya lampu jalan maupun lampu hias.

“Angka Rp 48 miliar itu masih kurang, karena setiap bulan kita harus keluarkan biaya sebesar Rp 5 miliar, jadi kita kekurangan biaya listrik lampu jalan sekitar Rp 12 miliar, karena jumlah totalnya Rp 60 miliar setiap tahun,”katanya, Rabu (28/1).

Novrian mengaku, untuk menutupi kekurangan Rp 12 miliar tersebut, pihaknya akan anggarkan pada APBD Perubahan 2015.

“Dari mana kita mau menutupi kekurangan, ya nanti akan dianggarkan lagi di ABPD Perubahan,”akunya.

Novrian menjelaskan, beban listrik lampu jalan tersebut setiap dua bulan sekali mengalami peningkatan, yang diakibatkan Tarif Dasar Listrik (TDL) dari PLN naik.

“2014 lalu, biaya lampu jalan kita kisaran Rp 3,5 miliar – Rp 3,8 miliar setiap bulannya, nah Januari ini, TDL kembali naik sebesar Rp 10 persen, makanya kita dapat angka Rp 5 miliar, untuk biaya listrik lampu jalan kedepan,”bebernya.

Novrian menyebutkan, saat ini jumlah total lampu jalan dan lampu hias yang ada di Kota Palembang sebanyak 27 ribu.

“Lampu jalan sangat diperlukan di masyarakat, untuk menghindari terjadinya tindak kriminalitas. Artinya jadi kebutuhan,” tutupnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 

 


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *