Cegah Eksodus, Pendaftaran Haji Diperketat

ilustrasi Haji | Ist

ilustrasi Haji | Ist

PAGARALAM – Prosesi pendaftaran bagi warga yang ingin mendaftar haji semakin diperketat. Demikian dikemukakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakenmenag) Kota Pagaralam, Drs H Ramlan Fauzi melalui Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umroh, Nahlini, kemarin.

Menurutnya, pengetatan proses pendaftaran itu dilakukan guna mencegah eksodus haji di wilayah Kota Pagaralam. Sebab itu, pemeriksaan berkasnya lebih diperketat lagi.

“Kalau di dalam berkas pendaftaran ada ditemui kejanggalan, misalnya tempat lahir dan tanggal lahir, maka berkas pendaftaran tersebut akan ditolak,” ujarnya.

Bagi para pendaftaran haji yang berasal dari luar Kota Pagaralam yang hendak mendaftar di Pagaralam, Kemenag Kota Pagaralam menyarankan agar yang bersangkutan dapat melakukan pindah alamat terlebih dahulu. Karena bila alamat pendaftar sudah tercatat di Pagaralam, tentu saja hal itu tidak akan menjadi masalah.

“Para pendaftar haji dari luar kota Pagaralam kami anjurkan untuk pindah alamat ke Pagaralam terlebih dahulu,” sambungnya seraya berkata jika pendaftar pindah alamat dan mendaftar haji di sini, tentunya kami tidak bisa mencegahnya.

Dikatakan Nahlini, sejauh ini pihaknya tidak begitu banyak menemukan berkas pendaftar haji yang bukan merupakan warga Pagaralam, sehingga berkas dimaksud dikirimkan kembali ke pemiliknya.

“Ya, berkas pendaftar dari luar wilayah Kota Pagaralam, misalnya dari daerah Tanjung Sakti Kabupaten Lahat memang tidak banyak,” katanya.

Kendati demikian tegasnya, dalam pendaftaran Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Pagaralam, wajib memenuhi syarat yang telah ditetapkan seperti melampirkan fotokopi KTP, KK dan mempunyai tabungan awal sebesar Rp25 juta.

“Persyaratan ini diberlakukan berdasarkan standard pendaftaran haji yang dikeluarkan pihak Kementerian Agama Republik Indonesia. Akan tetapi jika berkasnya kurang tentu tidak akan diakomodasi maupun diinput datanya,” kata Nahlini.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN

EDITOR   : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *