Terkait Kontribusi ke Masyarakat, DPRD OI akan Panggil Pimpinan Perusahaan

INDRALAYA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) akan memanggil seluruh perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI)

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua I, DPRD OI Drs Ahmad Syafe’i, Selasa (27/1).

Menurutnya, pemanggilan untuk mengetahui sejauh mana kontribusi perusahaan terhadap daerah dan masyarakat di lingkungan perusahaan.

“Ya, pemanggilan ini akan resmi dan ditandatangani oleh Ketua DPRD OI. Ini dilakukan karena selama ini kontribusi perusahaan kepada pemerintah daerah juga kepada masyarakat, utamanya masyarakat di lingkungan perusahaan tidak jelas,” paparnya.
Ia menambahkan, selain masalah kontribusi, pemanggilan tersebut untuk mengetahui permasalahan tentang tenaga kerja serta masalah limbah perusahaan yang berpengaruh pada kesehatan lingkungan.

“Untuk itu, kami memanggil seluruh perusahaan baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), maupun swasta. Akan dimintai keterangan (laporan-red) secara tertulis baik mengenai masalah perizinan, izin usaha, amdal, CSRnya, jamsostek  dan lain-lain,” tuturnya.

Lanjutnya, dengan adanya pemanggilan tersebut diharapkan akan berdampak positif baik bagi perusahaaan itu sendiri maupun terhadap masyarakat.

“Diharapkan kepada perusahaan harus lebih terbuka dan lebih peduli terhadap lingkungan perusahaan, misalnya berkontribusi dengan pembangunan fisik, membangun jalan yang ada disekitar perusahaan. Manfaatnya bukan hanya untuk kepentingan perusahaan tapi juga kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Pantauan di gedung DPRD OI, pada Selasa kemarin ada dua perusahaan yang sudah dipanggil yaitu PT. Sumatera Prima Fiberboard (SPF) dan PT. Wahana.

 

Teks      : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *