Pedamaran Kotor, Pejabat Kebersihan Turun Tangan

Kepala BPPK OKI, turun ke lokasi sampah untuk mengangkut sampah atas perintah Bupati OKI, | Foto : Doni Afriansyah

Kepala BPPK OKI, turun ke lokasi sampah untuk mengangkut sampah atas perintah Bupati OKI, | Foto : Doni Afriansyah

KAYUAGUNG – Tumpukan sampah di Kota Tikar, julukan Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang dimuat di media massa edisi Senin (26/1), membuat gerah sejumlah petinggi di pemerintahan daerah ini. Pejabat yang membawahi kebersihan kemarin pagi turun tangan ke lokasi untuk membersihkannya.

Dia adalah Tohiryanto S.Sos, Kepala Badan Pengelola Pasar dan Kebersihan (BPPK) OKI. Didampingi sekretaris BPPK OKI, Tohiryanto mengerahkan 15 orang petugas kebersihan dan 3 armada pengangkut sampah.

Diberitakan sebelumnya, sampah limbah rumah tangga yang dibuang warga itu menumpuk di pinggir jalan umum Desa Menang Raya Kecamatan Pedamaran. Padahal kecamatan ini merupakan tempat berdomisili mantan Wabup OKI dan Asisten I Setda OKI yang saat ini masih aktif. Baca : Sampah Dibiarkan, Pedamaran akan Jadi “Kota Sampah”

BPPK OKI kemarin juga menambah 1 lagi kontainer pengangkut sampah khusus kecamatan ini, hingga kini berjumlah 2 kontainer. Belum adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di beberapa kecamatan di sana selama ini, BPKK OKI berencana akan membuatnya di Kecamatan Teluk Gelam.

Dijelaskan Tohiryanto kemarin, tumpukan sampah itu di pinggir jalan berasal dari sampah rumah tangga yang sengaja dibuang warga karena di sana belum ada tempat khusus untuk menampung sampah. Ia berharap, mulai kemarin warga harus membuang sampah di kontainer yang sudah disiapkan.

“Kami sudah meninjau beberapa titik di Kecamatan Teluk Gelam untuk dijadikan TPA, mudah-mudahan TPA itu akan segera kami bangun dalam waktu dekat,”janjinya.

Ditambahkan Hilwen, Sekretaris BPPK OKI, bukan hanya permasalahan sampah yang akan dikerjakan pihaknya dalam waktu dekat. Instansi yang juga menangani pasar ini akan melakukan relokasi beberapa pasar di kecamatan lain.

Ia merincikan, pasar yang akan direlokasi diantaranya pasar buah di Desa Tugumulyo Kecamatan Lempuing Jaya, pasar tumpah di Desa Menang Raya Kecamatan Pedamaran, penertiban pasar di daerah Kijang Desa Awal Terusan Kecamatan Sirah Pulau Padang dan pasar di Kecamatan Tulung Selapan.

“Permasalahan sampah bukan hanya di Pedamaran, tapi juga di Tulung Selapan. Warga di kedua kecamatan ini sudah mengeluhkan banyaknya tumpukan sampah. Untuk Pedamaran sudah kami selesaikan, untuk Tulung Selapan akan dikerjakan segera,”ujar Hilwen.

 

TEKS       : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *