Satu Polisi Melayani 700 Warga, Personil Polisi di Ogan Ilir Masih kurang,

Ilustrasi Polisi | Dok KS

Ilustrasi Polisi | Dok KS

INDERALAYA – Jumlah personil Polres Ogan Ilir (OI) sampai saat ini masih belum sebanding dengan jumlah penduduk Kabupaten OI yang mencapai 400 ribu lebih. “Ya, idealnya 1 polisi berbanding (melayani –red), 400 orang penduduk. Tapi kenyataannya saat ini perbandingannya 1 Polisi berbanding 700 orang,’’ ujar Kapolres Ogan Ilir AKBP Asep Jajat Sudrajat, kemarin.

Lanjut Kapolres, saat ini jumlah seluruh personil Polres OI telah bertambah menjadi 522 orang. Penambahan tersebut, setelah pada awal Januari lalu telah mendapat tambahan personil sebanyak 27 personil terdiri dari 12 Polwan, 15 Polki. “Selain kita mendapat tambahan 27 personil, juga mendapat tambahan sebanyak 8 perwira,’’ ungkap Kapolres.

Masih kata Kapolres, saat ini di Polres OI juga sudah membuka konseling dan pelatihan sekolah calon brigadir dan calon tamtama termasuk calon Akpol. Teknisnya, para calon tersebut dapat melakukan konsultasi kepada petugas di Polres OI yang sudah ditunjuk untuk melakukan tanya jawab, tentang persyaratan apa saja untuk menjadi calon Polwan atau Polri, termasuk diberikan pembekalan pelatihannya. “Bagi mereka yang nantinya dianggap memenuhi persyaratan, tentu akan direkomendasikan untuk diprioritaskan mengikuti seleksi pada saat penerimaan calon Polwan dan Polri,” tuturnya.

Lanjutnya, persyaratan yang dibutuhkan seperti prestasi akademis, fisik mendukung, termasuk kemampuan lainnya, seperti hafal Alquran atau mempunyai keahlian lainnya. “Langkah yang kita lakukan ini , sudah bekerjasama dengan disdik Pemkab OI,” pungkas Kapolres.

 

TEKS        : JUNAEDI ABDILLAH
EDITOR    : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *