Penerima “Kartu Sakti” Didata Ulang

Ilustrasi Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) | Foto : Ist

Ilustrasi Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) | Foto : Ist

KAYUAGUNG – Untuk memastikan sasaran penerima program “Kartu Sakti” meliputi Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), yang telah diluncurkan bulan November 2014 lalu. Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), melakukan pemutahiran ‎data Rumah Tangga Miskin (RTM).

Kepala Dinas Sosial OKI, Muhammad Amin menjelaskan, penerima kartu saksi itu harus tepat sasaran, sehingga perlu ada pemutakhiran data.

“Sesuai dengan surat yang kami terima dari Kementerian Sosial. Kami dimohon untuk melakukan pemutahiran data RTM yang dinilai layak oleh Komunitas atau Satuan Lingkuan Setempat ( SLS), untuk kemudian disahkan dan diusulkan pemerintah kabupaten melalui Dinsos secara berjenjang kepada Kemensos sebagai calon penerima KIS, KIP dan KKS,” katanya Jumat (23/1)

Menurut Amin, bersamaan dengan surat tersebut diberikan satu lembar berkas dan CD penerima program untuk dijadikan pedoman dalam melakukan pendataan dengan variabel.

“Setelah kita lakukan pemutahiran data ke setiap desa di Kabupaten OKI dengan membentuk tim dan memanfaatkan perangkat desa di desanya masing-masing, selanjutnya untuk kepentingan pengusulan RTM calon penerima KIS, KIP dan KKS tersebut akan kita kirimkan datanya ke Kemensos RI melalui Pusdatin Kesos dalam bentuk Softcopy denga Microsoft Excel,” jelasnya.

Amin juga menambahkan, pihaknya tengah membentuk tim untuk melakukan pemutahiran data tersebut, sesuai dengan petunjuk teknis Kemensos.

“Dalam membentuk tim tersebut kita membutuhkan dana atau honor untuk petugas yang melakukan pendataan, dan kita belum tau dana untuk pemutahiran data tersebut diambil dari dana APBD atau APBN pusat,” jelasnya.

 

TEKS          : DONI AFRIANSYAH

EDITOR      : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *