Karyawan PTBA Tewas Tetimbun Longsor

ilustrasi

Ilustrasi | Ist

MUARAENIM – Tragis menimpa Alimin, salah seorang karyawan PT Bukit Asam (PT BA) Persero Tbk, yang sehari-harinya bertugas sebagai pemandu Bucket Wheel Excavator (BWE) ditemukan tewas saat bekerja, sekitar pukul 03.00 WIB, Minggu (25/1) dinihari, di lokasi kerja Muara Tiga Besar (MTBU) PTBA Tanjung Enim.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, saat itu korban yang beralamat di BTN Keban Agung, Tanjung Enim sedang memandu BWE dalam mengangkut batubara.

Tiba-tiba, longsoran material batubara jatuh tepat dari atas tubuh korban. Sehingga, korban tertimbun oleh longsoran batubara tersebut.

“Korban sudah digali dan didapatkan serta dibawa ke rumah duka. Kejadian sekitar pukul 03.00 WIB dinihari pada saat ia bekerja,” tutur salah seorang narasumber yang tidak mau disebutkan namanya.

Sementara itu, Direktur Utama PTBA, Milawarma melalui Sekretaris Perusahaan (Sekper) PTBA, Joko Pramono mengakui adanya kecelakaan tersebut. Sehingga menyebutkan salah seorang karyawan bernama Alimin tewas.

“Korban mengalami kecelakaan kerja di lokasi MTBU dan terkena longsoran saat melaksanakan tugasnya sebagai pemandu BWE. Untuk hasil olah kejadian, kami sedang  melakukan evaluasi lebih lanjut,” ucap Joko.

Atas nama manajemen PT Bukit Asam Persero Tbk, kata Joko, pihaknya mengucapkan duka yang mendalam. Serta mengucapkan terima kasih atas dedikasi almarhum dalam menjalankan tugasnya sebagai karyawan PTBA.

“Kita akan penuhi hak-hak korban sebagai seorang karyawan PTBA yang gugur dalam menjalankan tugasnya. Nantinya, melalui ahli waris korban akan kita berikan hak-haknya,” pungkas Joko.

Sementara itu, Kadisnakertrans Kabupaten Muaraenim, M Ali Rachman saat dikonfirmasi belum mengetahui informasi adanya kecelakaan kerja di PT. Bukit Asam Persero Tbk.

“Informasi ini akan kita telusuri. Kita mendesak agar hak-hak karyawan diberikan sesuai peraturan yang berlaku. Bila ia terdaftar di Jamsostek, maka santunannya dapat diberikan kepada ahli waris,” tukas dia.

 

 

TEKS         : SISWANTO

EDITOR     : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *