Kabupaten Empat Lawang Anggarkan Rp 405 Juta untuk Program Daerah

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang menggelontorkan anggaran mencapai Rp405 juta pada program proda atau program daerah 2015, di dalam membantu masyarakat membuat sertifikat tanah.

Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri melalui Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Hamdan menjelaskan, program proda tidak jauh berbeda dengan prona yang dikeluarkan pemerintah pusat. Hanya saja proda menggunakan anggaran daerah. Sebab, dalam pengukuran nanti bagian Tapem masih melibatkan BPN kabupaten Empat Lawang.

“Kita hanya menyambung program nasional yang tidak terkaper oleh dana pusat, karena yang mengajukan proda terlalu banyak,” jelas Hamdan.

‪Dalam menjalankan proda, kata Hamdan, pihaknya hanya memfokuskan pada lahan pertanian bukan tanah perkarangan ataupun perkebunan, sehingga masyarakat jangan salah menilai dan mengajukan usulan yang diterima hanya lahan pertanian di kabupaten Empat Lawang.

‪Proda 2015 ini, lanjutnya, merupakan program perdana dan hanya mampu memenuhi 450 persil lahan pertanian yang dapat diusulkan, karena setiap persil memakan biaya sampai Rp900 ribu. Sementara anggaran hanya ada Rp405 juta. Jika nanti belum juga terpenuhi akan, diusulkan pada program proda tahun berikutnya.

‪Mengenai lokasi, tambah Hamdan, masih membahas apakah hanya kecamatan Tebing Tinggi terlebih dahulu ataukah dibagi rata ke kecamatan lainnya. Hal ini masih dibahas namun paling lambat April 2015 mendatang program ini sudah dapat dijalankan, masyarakat dapat langsung mendatangi sekretariat Tapem dengan membawa syarat yakni surat tanah, KTP, KK dan PBB.

‪”Program ini jelas membantu masyarakat, selain kejelasan hak dan menjauhi sengketa juga dapat di gunakan masyarakat sebagai jaminan. Pada ujungnya membantu perekonomian masyarakat itu sendiri. Jika pun akan berurusan langsung membuat sertifikat biayanya tinggi dan banyak tidak mau, makanya dibantu melalui proda,” tukasnya.

 

TEKS         : SAUKANI

EDITOR     : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *