Jaksa Masih Dalami Berkas Tipikor Tanah Kuburan Baturaja Timur

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Hingga saat ini berkas pelimpahan tahap satu yang dilakukan Penyidik Subdit III Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Sumsel, terkait kasus dugan Tipikor proyek pengadaan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), masih berada di tangan jaksa.

Berkas tersebut yakni milik tersangka Hidirman, warga sipil, Najamudin selaku Kepala Dinas Sosial OKU, Ahmad Junaidi selaku mantan Asisten I OKU dan Umortom mantan Sekda OKU, sehingga saat ini penyidik masih menunggu keputusan terkait berkas keempat tersangka, apakah lengkap (P21) atau belum (P19).

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes) Pol Eddy melalui Kasubdit III, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Imran Amir menjelaskan, jika berkas pelimpahan tehadap empat tersangka kasus tindak pidana proyek pengadaan TPU Baturaja Timur sampai saat ini masih di jaksa dan belum ada laporan.

“Berkas masih di jaksa, sehingga kami tidak tahu apakah berkas sudah lengkap apa belum, karena belum ada informasi dari jaksa terkait berkas tersebut, ” kata Imran, Minggu (25/1).

Dilanjutkan Imran, jika pihaknya baru bisa meneruskan kasus tersebut setelah pelimpahan tahap I yang dilakukan dua pekan lalu mendapat balasan dari jaksa.

“Kalau nantinya sudah lengkap berarti kita lakukan pelimpahan tahap dua secepatnya, yakni pelimpahan barang bukti dan tersangka, namun kalau belum langkap, tentunya berkas tersebut akan kita lengkapi,” ujarnya.

Imran berharap berkas yang telah dilimpahkan bisa dinyatakan lengkap oleh pihak jaksa, sehingga proses hukum semakin cepat selesai sehingga tidak membutuhkan banyak waktu.

“Kita berharap ya sudah lengkap, sehingga tidak bolak-balik, dan kita bisa lakukan pelimpahan tahap dua, sehingga para tersangka bisa menjalani proses hukum selanjutnya,” pungkas Imran.

Seperti yang diberitakan sebelumya, dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi lahan TPU Baturaja Timur ini penyidik Tipikor Polda Sumsel telah menetapkan empat tersangka diantaranya Hidirman warga sipil, Najamudin selaku Kepala Dinas Sosial OKU, Ahmad Junaidi selaku mantan Asisten I OKU dan Umortom mantan Sekda OKU.

Dari hasil penyidikan penyidik mengetahui jika para tersangka mengunakan modus dengan melakukan pengelembungan anggaran hingga membuat kerugian negara.

Sementara penyidik sudah melakukan penyitaan terhadap harta milik Hidirman, harta yang disita yakni 10 hektar lahan kosong yang rencanaya akan di jadikan lahan TPU, uang tunai senilai Rp 120 juta dan beberapa dokumen.

 

TEKS         : OSCAR RYZAL

EDITOR      : FJ ADJONG


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *