Ratna Sari Dewi : Dulu Senam adalah Hobi sekarang jadi Profesi

Ratna Sari Dewi (Baju Pink) Instruktur Senam Profesional di Palembang. | Foto : Ferry Hotman

Ratna Sari Dewi (Baju Pink) Instruktur Senam Profesional di Palembang. | Foto : Ferry Hotman

PALEMBANG – Pekerjaan instruktur senam memang tidak semua orang sanggup melakoninya. Namun bagi Ratna Sari Dewi, profesi itu merupakan kenyamanan. Di mana dari hanya sebatas hoby, kini senam menjadi profesi dirinya. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup, job hingga keluar Kota Palembang pun kerap diambilnya.

Pekerjaan menjadi seorang instruktur senam merupakan hal yang menarik dan mampu memberikan kenyamanan baginya. Karena keuletannya menggeluti pekerjaan kini Ratna boleh dikata seorang pesenan yang profesional.

“Dari hobby menjadi profesi. Menyukai senam sejak masih duduk dibangku sekolah SMA. Selain hoby senam, di sekolah dulu saya juga gandrungi kegiatan celiders,” cetus wanita berusia 33 tahun ini.

Walau tak muda lagi, namun Ratna terlihat selalu segar dan bugar. Setiap kali dirinya mendapatkan panggilan untuk menjadi instruktur senam dalam sebuah acara, tak jarang orang menebak usianya masih di bawah 30-an. Selain dijadikan profesi, senam juga memberikan Ratna kebanggaan, dimana beberapa kali dirinya mendapatkan penghargaan atau juara ketika mengikuti perlombaan.

“Penghargaan lomba senam antar sanggar, khususnya per kelompok kami sudah lebih dari 2 kali menang. Perkelompok ada lima orang,” terang Ratna anak pertama dari lima Saudara ini.

Ucap Ratna, dirinya sering pula mengisi acara Car Freeday membantu rekannya yang biasa dilaksanakan setiap Jumat pagi di depan pasar tradisional Cinde. Disinggung mengenai siapa saja yang kerap memanggil diriny untuk menjadi instruktur senam, diungkapkan Ratna bermacam macam, mulai dari perorangan, kelompok, hingga perusahaan besar seperti Conoco Pilip dan Pertamina.

“Ya, mengisi acara senam itu paling lama 45 menit,” ujarnya singkat.

Juga Ratna pernah isi acara sosial seperti peduli Sinabung di Daerah Inderalaya tanpa bayaran. Perusahaan juga ada yang suka panggil baik untuk acara di dalam kota Palembang maupun luar kota Palembang seperti di Sungai Lilin oleh pihak Konoco Pilip dan Pertamina. Dirinya yang sudah menjalani profesi ini selama tiga tahun lebih. Membuat dia bisa memenuhi kebutuhan hidup dan yang paling penting kenyamanan didapatkan.

“Pekerjaan ini nyaman dan syukur Alhamdulillah kalau soal rezeki ada saja,” tandas Ratna.

 

TEKS     : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *