“Gowes”, Dari Jalan Aspal, Berbatu hingga Tanah Merah

Bupati OI, H. Mawardi Yahya terpaksa mengangkat sepedanya saat melintas jalur tanah merah. | Foto : Joen KS

Bupati OI, H. Mawardi Yahya terpaksa mengangkat sepedanya saat melintas jalur tanah merah. | Foto : Joen KS

Nikmati Nuansa Alam Teluk Seruo

INDRALAYA – Jumat (23/1), pagi, Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Ogan Ilir (Pemkab lama –red), Kota Indralaya, serasa dikepung oleh “goweser” yang ikut meramaikan sepeda santai.

Bupati OI H. Mawardi Yahya, Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat, Dandim 0402, Letkol Inf Arif Suryandaru,  bersama Pengurus Kabupaten (Pengkab), Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), Ogan Ilir, yang akan dilantik, Komunitas Sepeda Ogan Ilir Cycling Club (OICC),   Brigade sepeda Polres OI serta Komunitas Sepeda Kodim 0402  OKI/OI, ikut ambil bagian dalam kegiatan sepeda santai tersebut.

Selain itu, Asisten III, Kosasih, Ketua ISSI OI, dr Siska, ) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (Kadis (PUBM), Muhsin Abdullah, Kepala BAPPEDA, Rahman Rosidi, juga ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Rute yang ditempuh dimulai dari Pemkab OI (Pemkab lama –red), menuju Komplek Perkantoran Terpadu (KPT), Pemkab OI, Tanjung Senai melintasi Jalan Tanjung Putus. Rombongan juga sempat singgah Teluk Seruo untuk bersantai dan berfoto sambil melihat pemandangan.

Melintas dan menikmati suasana alam KPT Ogan Ilir.  | Foto : Joen KS

Melintas dan menikmati suasana alam KPT Ogan Ilir. | Foto : Joen KS

Meski rute yang ditempuh hanya berjarak sekitar 8km, namun tidak mundah untuk mencapai tujuan. Lintasan tersebut terdiri dari jalan aspal, berbatu hingga tanah merah.

Saat melintasi lintasan tanah merah lantaran adanya pembangunan Jembatan Tanjung Putus, peserta sepeda santai tetap semangat menyusuri medan berliku.

Bupati OI, H. Mawardi Yahya terlihat semangat meski sepeda hingga perlengkapan sepeda bercampur tanah merah. Bahkan, bupati sempat mengangkat sepedanya yang terjebak tanah merah.

Tidak hanya bupati, kapolres, dandim, serta “Goweser” berjibaku dengan tanah merah untuk mencapai titik aspal yang berjarak 100 meter.

Setelah berjibaku dengan tebalnya tanah merah, rombongan lalu menuju Teluk Seruo, yang berada dibelakang RSUD OI. Setelah menikmati pemandangan nan indah, rombongan bergerak mengelilingi KPT OI dan berakhir di Aula Caram Seguguk, Pemkab OI.

Bupati OI, H. Mawardi Yahya mengatakan, kegiatan tersebut rencananya akan dilakukan rutin setiap Jumat atau satu minggu sekali.

“Ya, ini bisa menjadi agenda rutin untuk sepeda santai bersama. Ini kegiatan positif untuk menjaga kesehatan,” ujarnya.

Lanjut Bupati, kedepan Teluk Seruo juga akan dijadikan tempat olahraga dan juga hiburan bagi masyarakat Ogan Ilir. “Teluk Sero cocok untuk sarana olah raga dan hiburan. Nanti untuk sepeda juga bisa dibuat jembatan kecil untuk uji adrenalin,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua ISSI Ogan Ilir, dr Siska mengatakan,  kegiatan terseb merupakan rangkaian persiapan pelantikan pengurus pengkab ISSI OI.

“Pengkab ISSI akan mengembangkan kegiatan olah raga bersepeda baik untuk kesehatan maupun prestasi di OI,” paparnya.

Ia menambahkan, Pengkab ISSI  dan OICC juga akan bersinergi untuk memasyarakatkan olah raga bersepeda di seluruh wilayah  Kabupaten Ogan Ilir.

 

Teks : Junaedi Abdillah

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *