Gelapkan Lahan Rakyat, Kades Dipolisikan

KAYUAGUNG – Kepala Desa Embacang Kecamatan Mesuji Raya OKI, Eriyanto Marzuki dilaporkan ke Polres OKI  oleh  LSM Trap Sumsel lantaran diduga telah melakukan penggelapan lahan perkebunan kelapa sawit KKPA milik warga desa setempat.

Dalam laporanya yang tertuang dalam LP/B/27/1/2015/Res-OKI tertanggal 21 Januari 2015, LSM Trap Sumsel Pipin SJ didampingi Adi Sucipto  menyebutkan, selain menggelapkan lahan perkebunan plasma, kades juga telah mengubah nama KUD Harapan Jaya Mandiri yang telah berbadan hukum menjadi Harapan Jadi Mandiri.

Menurutnya, luas areal dan jumlah calon petani peserta dalam surat bupati sebanyak 365,5 hektar untuk 215 Kepala Keluarga (KK). Saat penyerahan kavling kebun masing-masing peserta terdapat didalam SK Bupati no : 022/Kep/D.PERKE/2010.

“Namun terdapat beberapa nama-nama yang bukan penduduk asli dan warga setempat,” ujarnya.

Dijelaskannya juga, kebun tersebut dibuka pada tahun 2004 lalu dan calon pesertanya telah disusun oleh Kades terdahulu Herman Basnan, namun pada tahun 2009 terjadi pergantian kepala desa dan kades yang baru (Erlyanto -red), mengeluarkan SPH kembali dengan membuat daftar nama baru sehingga yang terjadi adalah orang yang tadinya terdaftar pada kades sebelumnya menjadi tidak mendapatkan bagian kebun, sementara yang tidak terdaftar dimasukan oleh kades sehingga mendapat jatah.

“Selain itu SPH yang dikeluarkan kades terdapat kejanggalan, dimana surat SPH yang dikeluarkan tahun 2009 masuk dalam lampiran SK Bupati, padahal pengusulan sudah diajukan sebelum kepemimpinannya,” teras Pipin.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada pihak kepolisian dapat mengusut tuntas kasus tersebut karena sangat merugikan masyarakat.

“Ada 29 warga siap bersaksi jika dipanggil, dan mereka juga memberikan daftar calon penerima waktu kades terdahulu, dan SPH sebagai bukti kepemilikan lahan,” tukasnya.

Sementara Kapolres OKI AKBP Erwin Rachmat SIK melalui Ka SPK Aiptu Amir Fauzi membenarkan adanya laporan dari LSM Trap, menurutnya saat ini laporan tersebut saat ini sedang ditindaklanjuti.

Sementara itu Kades Embacang Eriyanto Marzuki belum berhasil dikonfirmas terkait adanya laporan tersebut.

 

TEKS           : DONI AFRIANSYAH.

EDITOR       : FJ ADJONG


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *