Pemprov akan Perketat Aliran Dana Hibah dan Bansos

ilustrasi

ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, siap memperketat penyaluran dana bantuan sosial (Bansos) dan hibah terhadap lembaga dan organisasi masyarakat (Ormas). Ketat tersebut, yaitu lembaga dan ormas harus memenuhi dan lolos dalam verifikasi. Seketaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman, mengatakan, penerima dana hibah dan bansos tahun 2015 akan diberikan lebih selektif.

Dijelaskannya, verifikasi lapangan terhadap lembaga atau ormas yang akan menerima hibah dan bansos tersebut, untuk menghindari kesalahan atau penyalahgunaan berkaitan dengan adanya beberapa kasus dugaan lembaga fiktif penerima dana hibah.

Hal itu menyusul perubahan regulasi hibah dan Bansos dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.39 tahun 2014, untuk mengantisipasi munculnya permasalahan dalam pemberian hibah dan Bansos yang bersumber dari Dana APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dengan pemberlakuan permendagri ini, kata Mukti, tiap daerah memberikan regulasi yang sama, terhadp seluruh pemberian dana hibah dan bansos. Adapun dalam peraturan tersebut, setiap lembaga dan ormas masyarakat yang berhak menerima harus memenuhi beberapa ketentuan syarat seperti, organisasi tingkat Provinsi memiliki cabang ditiap daerah. Kemudian minimal telah terdaftar secara resmi selama 3 tahun di Kesbangpol.

“Selain itu, bantuan juga tidak diberikan setiap tahun dan tak boleh menerima terus menurus, ini harus dipahami karena lembaga dan ormas itu bukan SKPD,” jelasnya.

Dia menjelaskan, untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan penggunaan dana hibah dan bansos tahun 2015. Pihaknya sudah membentuk tim verifikasi lapangan, untuk memastikan bahwa lembaga yang akan menerima hibah itu benar, baik
secara administratif maupun di lapangan.

“Mudah-mudahan mereka bisa bekerja dengan optimal. Karena kami sudah berikan pelatihan bagi para petugas survei lapangan itu. Jika calon penerima bantuan itu diitemukan fiktif, maka langsung kita coret,” pungkasnya.

TEKS:IMAM MAHFUZ
EDITOR:RINALDI SYAHRIL


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *