Tiga Kecamatan di OKI Akan Segera Nikmati Listrik

Pemasangan Amper Listrik PLN | Dok KS

Pemasangan Amper Listrik PLN | Dok KS

KAYUAGUNG – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) menargetkan seluruh kecamatan di OKI  menikmati lisstrik, tiga kecamatan ditahun 2015  menjadi target untuk pemasangan aliran listrik.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) OKI, Man Winardi mengatakan, ada tiga kecamatan masuk dalam program Distamben untuk pemasangan jaringan listrik yakni   Air Sugihan, Sungai Menang dan Cengal. Untuk Air Sugihan merupakan program lanjutan yang sudah berjalan mulai tahun 2013 lalu

“Air Sugihan memang lebih dulu karena  disana didukung aliran listrik dari Kabupaten Banyuasin, ada tujuh desa, belum tuntas ditahun 2014 sehingga sisanya diselesaikan tahun ini, itu untuk jalur 25,” jelasnya.

Lanjut Man di Air Sugihan tinggal jalur 23 yang belum dilakukan pemasarang jaringan listrik. Pihaknya berharap ada program CSR dari perusahaan setempat, selain itu juga akan diusulkan melalui dana APBN .

“Kita berharap ada CSR dan bantuan  APBN, karena jika mengandalkan APBD tidak cukup, dana kita terbatas,” harapnya.

Selanjutnya Distamben juga tahun ini memprogramkan untuk Kecamatan Cengal dan Sungai Menang yang akan dipasang jaringan listrik.

“Dua kecamatan ini belum tersentuh aliran listrik dari PLN, selama ini masyarakat disana mengandalkan genset desa, kalau siang hari tidak ada aliran listrik,  tahun ini akan kita bangun jaringan listrik dimulai dari Desa Sidomulyo, dilanjutkan ke beberapa desa di kecamatan Sungai Menang dan Cengal,” tambahnya.

Untuk Sungai Menang, lanjut Man, akan  di mualai dari Desa Sidomulyo, kemudian ibu kota kecamatan, kemudian Simpang Skuin, disana ada desa Sungai Pasir, Sungai Sibur, Somor , Gajah Mati dan desa lainya, sementara Kecamatan Cengal mulai dari Talang Jaya, Desa Cengal, sampai Taang Rimba.

“Ini yang dianggarkan melalui dana APBD 2015, kemudian kita belum tahu nanti wilayah mana yang akan mendapat bantuan program listrik dari APBN, kita targetkan secepatnya semua wilayah OKI teraliri listrik, ini merupakan salah satu upaya pembangunan OKI dari Desa,” terangnya.

Pihaknya meminta masyarakat agar bersabar, proses pemasangan listrik agak lama.

“Prosesnya memang panjang, mulai pemasangan tiang, kemudian  instalator dan lain-lain, tahun ini instalator  dipasang kemungkinan besar tahun depan listrik baru bisa dipasang ke rumah-rumah, karena nanti ada proses serah terima lebih dulu ke PT PLN, begitu juga masih menunggu tim dari pihak PLN untuk mengecek kelapangan,” imbuhnya.

 

TEKS      : DONI AFRIANSYAH

EDTOR    : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com