PN Pagaralam Belum punya Ruang Sidang Khusus Anak

PAGARALAM – Bangunan Kantor Pengadilan Negeri (PN) Kota Pagaralam sudah berdiri kokoh dengan dua lantai permanen di kawasan Komplek Perkantoran Gunung Gare. Namun sajauh kini, belum memiliki ruang khusus untuk persidangan anak-anak di bawah umur.

Kepala PN Kota Pagaralam Harun Julianto SH menjelaskan, dengan belum dilengkapinya ruang khusus dimaksud hingga membuat ruang sidang anak-anak masih bercampur dengan ruang sidang orang dewasa.

Kendati demikian, pihaknya telah merencanakan pembangunan ruang sidang khusus untuk anak-anak dalam waktu dekat ini.

“Dalam waktu dekat akan kita upayakandan rancangannya pun sudah dibuat,” terang Harun.

Ruangan khusus anak itu lanjutnya, harus dipersiapkan berbeda dengan ruangan sidang pada umumnya. Mengingat di ruangan sidang umum sifatnya terbuka untuk umum, sementara ruangan sidang khusus bersifat tertutup.

“Untuk kasus anak-anak di bawah umur sebaiknya memang dilakukan tertutup, kecuali disaat amar putusan bisa saja terbuka untuk umum,” terangnya.

Saat ini kata dia, ruang sidang khusus itu belum ada, sehingga masih menggunakan ruang sidang utama yang dipakai termasuk untuk kasus anak.

“Ruang sidang kasus anak mesti terpisah dari ruang sidang lainnya, termasuk perlengkapan sidangnya pun  berbeda,” paparnya.

Ditanya mengenai pembenahan kantor PN sendiri, ia mengatakan sejak 2010 lalu masih terus berjalan dengan bantuan anggaran dari Kementerian Hukum dan HAM. Termasuk saat ini dari empat ruangan yang ada, baru dipakai dua ruangan.

“Ya, fasilitas PN ini akan kami lengkapi secara bertahap guna memaksimalkan pelaksanaan persidangan yang ada di Pagaralam ini,” tegasnya seraya berharap semoga saja kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa mengalami kendala yang berarti.

 

Teks   : Antoni Stefen




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *