Bangun Insfrastruktur, Warga Minta Pemkab PALI Utamakan Kualitas

 

Kabupaten Pali yang tengah membangun perkembangan daerah dituntut masyarakatnya untuk mengutamakan kualitas di dalam mengerjakan proyek. | Dok KS

Kabupaten Pali yang tengah membangun perkembangan daerah dituntut masyarakatnya untuk mengutamakan kualitas di dalam mengerjakan proyek. | Dok KS

PALI – Sebagai daerah otonomi baru, infrastruktur di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dikenal rusak parah. Karena itulah, penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM berkomitmen untuk mengutamakan pembangunan infrastruktur.

“Kita tetap prioritaskan pembangunan infrastruktur terutama jalan. Karena berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat” kata Heri Amalindo.

Untuk tahun 2015, dengan APBD sebesar 750 Milyar, pembangunan infrastruktur tetap diprioritaskan. Salah satunya adalah penhaspalan jalan Talang Bulang – Pendopo. Jalan ini merupakan akses masuk menuju ibukota kabupaten PALI.

Selama ini jalan tersebut berlubang, bahkan cor beton dijalan itu sudah pecah. Sebagian besi behel cor sudah menganga. Mengancam pengendara yang lewat.

Ruas jalan tersebut, sekarang mulai dikerjakan. Beberapa alat berat nampak mulai mengapa jalan tersebut.

Pembangunan ini tidak luput dari pantauan warga. Seperti diungkapkan Mardi, 32 tahun, warga desa Talang Bulang Kecamatan Talang Ubi.

“Kami bersyukur kalau jalan itu sudah diaspal. Selama ini kalau lewat sangat tidak nyaman. Besi cor nya sudah nongol semua” katanya.

Namun Mardi berharap, pengaspalan jalan tersebut jangan asal jadi. “Harus mengutamakan kualitas” kata bapak satu anak yang berprofesi sebagai pedagang itu.

“Saya masih ingat, jalan ini dulunya pernah diaspal. Tapi hancur, karena kualitas asalnya jelek. Kemudian dicor beton. Tetap saja rusak karena kualitasnya yang meragukan” tambahnya.

Mardi berharap, kesalahan pembangunan saat belum terbentuk kabupaten PALI ini tidak terulang lagi. “Jangan sampai rusak lagi. Makanya Pemkab harus mengutamakan kualitas, jangan cuma kejar target atau asal jadi bae.” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Nurani, warga Talang Subur. Nurman berharap, kualitas proyek, khususnya jalan menjadi prioritas utama “pengawasan pembangunan harus ketat. Percuma saja kalau setiap tahun cuma memperbaiki jalan saja.

Sekali membangun harus bagus dan tahan lama” jelas Nurman yang juga ketua TT di kelurahan Talang Ubi Selatan itu.

Sementara itu, sal berbagai kesempatan., penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM mengatakan, meminta masyarakat untuk bersama -sama mengawasi proyek pembangunan yang ada.

“Kita tidak Mungkin lakukan pengawasan selama 24 jam. Jadi kami harap masyarakat juga berperan lakukan pengawasan. Kalau ada yang menyimpang laporkan saja. Pasti kita tindak. Kami juga hanya membayar pekerjaan yang dikerjakan secara layak. Kalau tidak layak, pasti tidak akan kita bayar” terang Heri Amalindo, kenarin.

 

TEKS        : INDRA SETIA HARIS

EDITOR     : FJ ADJONG

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *