Akseptor Medis Operasi Pria dan Wanita OKUS Tertinggi di Sumsel

Ilustrasi Medis | bagus Kurniawan

Ilustrasi Medis | bagus Kurniawan

MUARADUA – Jumlah akseptor MOP (Medis Operasi Pria) dan MOW (Medis Operasi Wanita) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan tertinggi dari sejumlah kabupaten dan kota di sumatera Selatan.

Artinya, tingkat kesadaran masyarakat untuk menjadi akseptor MOP dan MOW tersebut cukup tinggi. Selain itu, adanya layanan KB keliling dan KB gratis yang rutin dilaksanakan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP) Kabupaten OKU Selatan.

Kepala Badan KBPP Kabupaten OKU Selatan, Subagio SSos menjelaskan, pihaknya sering menggelar pelayanan KB gratis dan keliling yang bertujuan untuk menjaring peserta KB baru.

“Di samping juga untuk memberikan pelayanan bagi peserta lama,” ujar Bagio.

Selain MOW, saat ini yang mengalami peningkatan jumlah akseptornya adalah MOP atau yang lebih dikenal dengan KB lanang yang hingga kini mencapai 16 orang peserta.

Dan yang lebih membanggakan jumlah akseptor MOW jauh lebih banyak yakni sebanyak 45 peserta yang tersebar di seluruh kecamatan se kabupaten OKU Selatan.

Dengan adanya peningkatan akseptor KB (MOP), secara tidak langsung telah menunjukkan terciptanya kesadaran kaum pria di Bumi Serasan Seandanan dalam mengikuti program Keluarga berencana.

Hal ini ditunjukkan dengan terus meningkatknya jumlah akseptor KB lanang yang melakukan MOP.

 

TEKS      : FITRI

EDITOR  : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *