PT PP dan Adhi Karya tak Bayar Pajak?

Ilst. Pajak Online | Dok KS

Ilst. Pajak Online | Dok KS

MUARAENIM – Sudah berulang kali Pemerintah Kabupaten Muaraenim melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Muaraenim melakukan penagihan pajak mineral bukan logam dan batuan (galian C). Namun, sama sekali tidak diindahkan oleh dua perusahaan besar milik negara yakni PT PP dan PT Adhi Karya (AK).

“Pajak yang belum dibayar dua perusahaan tersebut tahun 2014 adalah pajak galian C. Kami sudah beberapa mengupayakan penagihan pajak galian C kepada kedua perusahaan tersebut, tetapi sepertinya nihil,” tutur Kadispenda Muaraenim Amrullah, Selasa (20/1).

Kini, pihak Amrullah sangat kecewa dengan kedua perusahaan tersebut. Seharusnya, kata dia, dapat menjadi contoh bagi perusahaan swasta dan lokal yang ada di Indonesia. Bukan seperti ini caranya, dengan tidak mau membayar pajak.

Ungkap Amrulah, adapun pajak yang belum dibayar oleh kedua perusahaan tersebut, pada tahun 2014 adalah pajak galian C. Untuk PT PP, ketika perusahaan tersebut mengerjakan proyek double track milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) di wilayah Kabupaten Muaraenim.

Sedangkan untuk PT Adhi Karya ketika mereka melakukan pembangunan jalan lingkar dan jembatan double track kereta api di Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Muaraenim.

“Belum ada niat baik dari kedua perusahaan tersebut. Bahkan pihak PTBA pernah berjanji akan memfasilitasi untuk mempertemukan dengan PT Adhi Karya, untuk membawa RAB dan analisa untuk perhitungan material golongan C yang digunakan tetapi sepertinya belum ada realisasinya.

“Jika surat sudah sering dilayangkan dan didatangi sudah, tetapi belum ada realisasi. Seharusnya BUMN sebagai panutan dan patuh pajak. Bahkan PT PP, sudah pernah didatangi sampai ke kantor PT PP di Jakarta, tetapi belum juga ada realisasi baik perhitungan, apalagi pembayaran. Kuncinya di PTBA, jika kedua perusahaan ini punya niat baik mau bayar atau tidak,” tutupnya.

 

TEKS      : SISWANTO

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *