CPNS Titipan Lulus Tanpa NIP

LUBUKLINGGAU – Sepandai pandai tupai melompat pasti akan jatuh juga. Pribahasa ini mungkin pas dialamatkan kepada salah seorang peserta tes calon pegawai negeri sipil formasi Honorer Kategori II tahun 2014. Pasalnya, wanita ini yang pada awalnya mulus-mulus saja terdaftar sebagai honorer pemerintah padahal honor di swasta dan dinyatakan lulus, kini nasib CPNS nya terancam gagal didapat.

Sebab, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) Reformasi Birokrasi RI sampai saat ini belum mengeluarkan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan beberapa waktu lalu tidak dilantik oleh Pemerintah Kota Lubuklinggau,sedangkan 145 lainya telah menerima SK.

“Sampai sekarang belum ada keputusan dari Kemenpan RB , jadi kita belum tahu bagaimana nasib mereka,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lubuklinggau, Ikhsan Roni, melalui Kepala Bidang Pemindahan dan Pengangkatan Pegawai BKD Lubuklinggau, Hasan Andria UY saat diwawancarai Kabar Sumatera,Senin (12/1).

Kemudian bagaimana peserta tes formasi K2 inisial NS tersebut bisa lolos berkas untuk mengikuti proses dan tahapan tes beberapa waktu lalu. Hasan menerangkan ia hanya meneruskan dan menerima dari pejabat lama.

“Kita tidak mengkroscek lagi kemarin,karena sudah lengkap oleh yang lama,saya hanya meneruskan,” tambah Hasan.

Ia telah menanyakan dengan pejabat sebelum dia mengenai permasalahan tersebut,dan memang diakui pejabat lama,kalau NS tersebut memang di SK-kan sebagai honorer pemerintah walaupun dia aslinya honor di swasta oleh petinggi sebelumnya. Hal ini menguatkan dugaan bahwa NS merupakan titipan dari pejabat tinggi yang lama. Namun,sayang akal bulus ini tercium oleh Kemenpan RB , sehingga hingga kemarin nasibnya tak ada kejelasan.

Selain, NS lanjut Hasan, ada satu orang lagi yang mengalami nasib serupa. Namun,kasusnya berbeda,yakni SK lebih dulu keluar dibandingkan ijazah yang bersangkutan.

 

TEKS      : SRI PRADES

EDITOR   : FJ ADJONG


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *