Perda Tak Efektif akan Direvisi

LAHAT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat akan meninjau ulang beberapa Peraturan Daerah (Perda) yang dinilai sama sekali tidak efektif, dalam waktu dekat.

Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Kabupaten Lahat Drs Farhan Berza,MM,MBA, sedikitnya terdapat tiga peraturan daerah yang akan ditinjau ulang.

Ketiga Perda tersebut, termasuk juga regulasi (peraturan, red), yang memang berpihak kepada kepentingan rakyat sepenuhnya dari aspek ketertiban dan kelancaran, yang berkaitan langsung dengan pemasukan pendapatan asli daerah (PAD).

“DPRD Lahat melalui Badan Legislasi (Baleg) bersama-sama dengan komisi terkait akan melakukan pembahasan lebih lanjut, sehingga perda yang telah disahkan tersebut tidak diterapkan,” jelas farhan.

Menurut dia, ini namanya sia-sia saja. Makanya, beberapa Perda seperti tata tertib lalu lintas, termasuk persoalan masih dijumpai kendaraan truk, dum truk dan tronton parkir sembarangan, sehingga menutupi badan jalan dan mengganggu kelancaran berlalu lintas.

“Ke depan kendaraan yang disebutkan di atas harus berada di pool (Lahat parkir) sebenarnya, dengan jarak radius 5-10 km berada di luar Kota Lahat,” jelasnya.

Selain itu Perda penangkaran sarang burung walet dinilai tak efektif dan belum ada kontribusinya bagi PAD, serta penambangan golongan galian C, akhir-akhir in muncul permasalhan ditengah masyarakat.

Ketua Banleg DPRD Lahat, Parisman,S.Ag membenarkan hal itu, piihaknya ke depan akan duduk satu meja dan membahas beberapa Perda yang tak efektif untuk direlvisi.

“Akan kita revisi bila perlu dibekukan (dihapuskan) terhadap Perda yang memang mandul, sejauh ini ketentuan yang telah disahkan pihak legislatif, sepanjang mata memandang belum ada satupun aura positif yang diperhatikan,” urainya.

 

TEKS      : JUMRA ZEFRI
EDITOR  : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *