OKI Tanam Padi Perdana 47 Ribu Hektar

Bupati OKI melakukan penanaman padi perdana di lahan seluas 47 ha | Dok KS

Bupati OKI melakukan penanaman padi perdana di lahan seluas 47 ha | Dok KS

KAYUAGUNG – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) bersama masyarakat melakukan tanam perdana di sawah tadah hujan, di Kecamatan Lempuing Induk dan Lempuing Jaya Kabupaten OKI Seluas 47 ribu hektar.

Kepala Dinas Pertanian kabupaten OKI OKI, Syarifudin mengatakan, untuk tanam perdana seluas 47 ribu ha di sawah tadah hujan di Kecamatan Lempuing Jaya dan Lempuing Induk.

“Ini baru tanam perdana untuk sawah tadah hujan, kita juga memiliki lahan sawah lebak seluas 82.919 ha,” katanya.

Dijelaskan Syarifudin, lahan pertanian di OKI luasnya mencapai 734.747 hektar, 155.801 hektar diantaranya sawah yang terdiri dari lahan irigasi teknis 650 ha, tadah hujan 48.779 ha, lahan sawah pasang surut seluas 23.453 ha dan rawa lebak 82.919 ha.

“Di tahun 2015 lahan sawah lebak kita targetkan semuanya bisa ditanami, karena sudah di bangun saluran-saluran irigasi di 4 kecamatan, yakni kecamatan Kayuagung, Jejawi, SP Padang dan Pampangan,” urainya.
Bupati OKI Iskandar usai melakukan tanam padi perdana, menargetkan di OKI baik sawah tadah hujan, sawah pasang surut, maupun sawah lebak, dapat menananam dua kali satu tahun.

“Kalau selama ini kita mampu produksi beras sebesar 320 ribu ton beras itu karena kita baru bisa tanam satu kali dalam satu tahun, dengan tanam padi dua kali dalam satu tahun kita targetkan mampu produksi beras 600 ribu ton beras/ tahun,” kata bupati.

Target tersebut didukung dengan dibangunnya irigasi teknis di Kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya, untuk mengaliri sawah tadah hujan di dua kecamatan tersebut, kemudian untuk kawasan sawah lebak juga telah di bangun saluran-saluran air, sehingga saat musim hujan sawah tidak terendam banjir, begitu juga saat musim kemarau, sawah akan dialiri air dari saluran kanal yang telah dibuat.

Dalam kesempatan itu juga bupati menyerahkan bantuan hentraktor sebanyak 80 unit dan pompa air sebanyak 159 unit bantuan dari kementerian pertanian dan APBD OKI, selain itu juga petani mendapat bantuan Alat tanam 3 unit, alat penggilingan padi 3 unit, alat perontok padi 10 unit dari kementerian PDT.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *