Kealamian Telaga Harus Dipertahankan

Ikustrasi Telaga | Ist

Ikustrasi Telaga | Ist

INDERALAYA – Kealamian dan Keasrian telaga yang berada dikawasan seputar hutan wisata Pangkalan Samak kini terus dipertahkankan. Di hutan wisata ini, aliran telaga (payau) memang sudah ada sejak dulu dengan kisaran panjang beberapa meter kepermukaan darat.

Saibi, Ketua LK IV, Kelurahan Tanjung Batu, mengatakan saat ini sumber kealamian mineral yang terkandung dalam bumi hanya ada di telaga. Untuk itulah bila telaga tersebut tercemar maka akan mempengaruhi kandungan mineral didalamnya.

“Ya, kealamian dan keasrian telaga harus kita pertahankan. Jangan sampai tercemar limbah,” ungkapnya, Selasa (23/12), kemarin.

Ia menambahkan, ada begitu banyak pencemaran yang sering dilakukan seperti membuang sampah hingga meracuni ekosistem didalamnya.

“Bila hal ini terus terjadi, maka faktor geografis yang menujang keberadaan objek wisata tersebut tidak akan terpenuhi mengingat telaga adalah salah satu sumber keindahan. Kealamiannya menentukan pesona kagum setiap mata yang memandang,” jelas Syaibi menambahkan.

Untuk itu, lanjutnya, menuju wacana objek wisata 2015 ini, Hutan Pangkalan Samak secara optimal harus dilakukan pengelolahannya dengan menjaga kelestarian dan kealamaian objek pendukung didalamnya salah satunya telaga.

 

Teks  : Junaedi Abdillah / Noviandi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *