Harga Daging Naik Rp 5 Ribu per Kilo

Danging sapi | Dk KS

Danging sapi | Dk KS

PALEMBANG – Jelang Natal dan tahun baru, harga kebutuhan pokok jenis daging sapi diprediksi akan mengalami kenaikan sebesar Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu per kilogram (kg) nya. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang, Syahrul Hefni melalui, Kasi Pengadaan dan Penyaluran Perdagangan, Disperindagkop Palembang Yulida mengatakan, berdasarkan pengalaman pihaknya sebelumnya, setiap hari besar keagamaan harga akan mengalami kenaikan. Akibat tingginya permintaan.

“Sekarang harga daging sapi berada diangka Rp 110 ribu per kg. Harga itu tetap stabil semenjak sepekan sebelum lebaran Idul Fitri lalu,” ungkapnya, saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (23/12).

Menurut Yulida, apabila harga daging sapi naik Rp 5 ribu per kg. Itu masih dalam tahap wajar, artinya tidak terlalu tinggi. Tapi, pihaknya berharap, harga tetap normal, tidak mengalami kenaikan.

 

“Sebenarnya hari Natal dan Tahun Baru, tidak terlalu berpengaruh. Buktinya, sampai hari ini (kemarin) harga masih tetap normal. Tapi, kalaupun ada kenaikan, kenaikannya masih wajar,”ujarnya.

Yulida menyebutkan, harga akan mengalami kenaikan tinggi, apabila stok kosong sementara permintaan meningkat tajam. Misalnya pada saat hari raya Idul Fitri, semua masyarakat muslim biasanya membutuhkan daging sapi.

“Nah, saat itulah harga melambung. Kalau natal dan tahun baru, kebutuhan daging sapi tidak setinggi saat Idul Fitri,”sebutnya.

Yulida mengaku, untuk mengontrol harga daging sapi agar tetap stabil, pihaknya secara rutin melakukan pengecekan harga di enam pasar di Metropolis yakni, pasar KM 5, 26 Ilir, 10 Ulu, Sekip, Lemabang dan Cinde.

“Jika terjadi kenaikan tinggi, maka kami akan koordinasikan dengan dinas peternakan dan akan memanggil forum pedagang. Jadi, sifatnya persuasif, karena kenaikan itu pasti ada penyebabnya,”tambahnya.

Yulida menghimbau kepada masyarakat Kota Palembang, tidak membeli suatu kebutuhan pokok dalam jumlah besar. Sehingga, stok tetap aman.

“Karena apabila stok kosong, permintaan tinggi maka harga secara otomatis akan naik. Itu sudah menjadi hukum pasar,”imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang daging sapi di pasar Kertapati, Andi mengatakan, harga daging sapi masih normal. Belum ada kenaikan menjelang natal dan tahun baru.

“Harga normal, Rp 110 per kg. Mungkin mendekati akhir tahun baru naik. Kalau sekarang normal,” ujarnya.

 

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *