Baru Dua Hari Ngemis Ditangkap

LUBUK LINGGAU – Dinas Sosial (Dinsos) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Lubuklinggau berhasil menjaring belasan anak jalanan, Gembel dan pengemis (Gepeng) di sejumlah titik keramaian bumi Sebiduk Semare, Selasa (23/12).

Mereka yang terjaring langsung diangkut dan didata kemudian akan dipulangkan ke daerah masing-masing serta diberi peringatan

“Ada 13 orang yang terjaring, rata-rata berasal dari luar Lubuklinggau seperti Bengkulu, Lahat, Tebing Tinggi dan Jambi,” ungkap Kasi Rehabilitasi Anak Dinsos Lubuklinggau, Ujang Nangcik saat ditemui di kantornya.

Salah satu pengemis yang mengaku berasal dari Tebing Tinggi, Suka (50) mengatakan dirinya baru dua hari berada di Lubuklinggau dan datang bersama rekannya Jamilah (40) dengan alasan di daerah tempatnya tinggal tidak ada mata pencarian yang dapat menghasilkan uang guna memenuhi kebutuhan hidup.

“Datang dari Tebing, pai sampai kemarin naik mobil dengan Jamilah, tidur di pinggir toko. Di Tebing katek pencarian,” kisahnya sembari menangis dan memohon agar dilepaskan.

Menurutnya, sehari uang yang didapat dari mengemis Rp50 ribu di tempat keramaian seperti di pasar dan di toko-toko. Hasilnya digunakan untuk makan sehari-hari.

“Anak aku sikok Pak, baru umur 4 Tahun. Jangan ditangkap Pak, kasian anak aku, katek yang jago kagek,” pintanya.

 

TEKS      : SRI PRADES
EDITOR  : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *