Ada Penyelewengan di PD Pasar

Suasana aktivitas di pasar Cinde Palembang. | Foto Bagus Kurniawan KS

Suasana aktivitas di pasar Cinde Palembang. | Foto Bagus Kurniawan KS

PALEMBANG –  Manajemen PD Pasar Palembang Jaya nampaknya sudah mendesak untuk di evaluasi. Pasalnya, dari target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2014 sebesar Rp 15 miliar, hanya tercapai Rp 1,5 miliar.

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda), pencapaian target PAD PD Pasar Palembang Jaya, minimal tercapai 50 persen. Wakil Ketua DPRD Palembang, M Adiansyah mengatakan, berdasarkan kesepakatan bersama pihak PD Pasar bersama Komisi II, target PAD 2014 sebesar Rp 15 miliar. Namun, selama tahun 2014 dari target tersebut hanya tercapai Rp 8,9 miliar yang sudah ditambahkan hitungan asetnya. Sementara laba bersihnya hanya Rp 1,5 miliar.

“Itu artinya, pihak PD Pasar gagal mencapai target dan tentu harus dievaluasi, apa penyebab tidak terealisasi tersebut,” ungkapnya, Selasa(23/12).

Jelas Adiansyah, dengan adanya kegagalan tersebut. Maka wajib hukumnya, Pemkot Palembang untuk melakukan evaluasi terhadap manajemen PD Pasar. Karena, jika dilihat dari pencapaian target dan kondisi di lapangan saat ini, ada sesuatu yang kurang logis. Padahal jumlah pasar tradisional yang dikelola PD Pasar sebanyak 22 pasar.

“Ada sesuatu yang perlu dicari tahu apa yang terjadi pada PD Pasar. Ada kecurigaan terjadi penyelewengan yang dilakukan oknum-oknum di PD Pasar,” katanya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, pihaknya akan segera menjalankan saran yang telah disampaikan Komisi II.

“Pihaknya akan jalankan saran yang diberikan. Mengenai adanya dugaan penyelewengan atau perombakan di tubuh manajemen PD Pasar, akan kita cari tahu dulu,” ujarnya singkat.

Terpisah, Direktur PD Pasar Palembang Jaya, Apriadi Ces Busri mengatakan, jika target yang sudah ditetapkan merupakan kesepakatan bersama dan pihaknya harus mencapainya. Hingga saat ini, pihaknya terus menggali setiap potensi yang ada untuk pencapaian target.

“Sekarang ini memang belum tercapai. Tapi, sudah jalan dan kita yakin target itu akan tercapai,” ungkapnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *