Kota Lubuk Linggau Siaga Bencana

LUBUK LINGGAU – Cuaca ekstrem yang terjadi di Bumi Sebiduk Semare akhir-akhir ini, setidaknya telah menghantam beberapa rumah di Kelurahan Petanang Ilir dilalap puting beliung, membuat kota ini siaga bencana.

Dinas Sosial Lubuklinggau dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) menyiagakan para anggota Tagana Lubuklinggau dan posko bencana 72 Kelurahan dan Delapan Kecamatan telah melakukan apel siaga bencana.

“Pukul 10.00 WIB tadi pagi, sebanyak 53 orang taruna siaga bencana diapel siagakan mengingat cuaca yang kian exstreme saat ini,” kata Kepala Dinas Sosial Lubuklinggau,H Abdullah Matjik melalui Kepala Bidang Bantuan Perlindungan dan Jaminan Sosial, Indra Syafei,kemarin (22/12).

Pengumpulan para anggota Tagana dan Posko PB tersebut bertujuan untuk menyiagakan para anggota untuk siap sedia dan tanggap terhadap bencana.

Dijelaskan mantan anggota DPRD Musi Rawas ini, sebelumnya pada Jumat 19 Desember 2014,pihaknya juga telah mengumpulkan seluruh anggota PB 72 Kelurahan dan Delapan kecamatan untuk antisipasi bencana dilingkungan masing-masing.

Indra yang akrab dipanggil Afek ini meminta seluruh posko PB dan 53 anggota tagana melakukan siaga bencana dalam mengatasi cuaca yang sangat ekstreme, dengan menggunakan peralatan komunikasi yang masih minim.

Pria yang juga Ketua MPC Pemuda Pancasila ini mengakui sampai saat ini beberapa alat komunikasi dibeberapa kelurahan dan kecamatan mengalami kerusakan, HT dan CB. Sehingga jika terjadi bencana para anggota terpaksa menggunakan telepon pribadi.

“Saya meminta kepada posko PB kalau pesawat nya rusak bisa menggunakan handpone untuk menelpon posko Tagana dengan 0733 322416,” tambah Afek.

Ia juga mengimbau para anggota harus waspada dan segera melakukan komunikasi dengan posko-posko PB disetiap kelurahan jika terjadi bencana.

Untuk melengkapi peralatan keamanan para anggota Tagana,pihak Dinsos akan memberikan bantuan berupa pakalai dinas lapangan dan Pakaian Dinas Harian.

“Nanti Langsung kita bagikan rompi dari kemensos RI, dan insha allah pertengahan januari kita akan bagikan baju PDH dan PDL yang dapat dari Kemensos RI,ini sudah ditiga kalinya semenjak kepemimpinan saya Kabid Bantuan Jaminan dan Perlindungan Sosial kita dapat bantuan,” terangnya.

 

TEKS      : SRI PRADES
EDITOR  : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *