Gelar PKS Dukung Revolusi Mental

PKS Tim juri melakukan penilaian hasil masakan kreatifts siswa SMK Negeri 1 Empat Lawang | Dok KS

PKS Tim juri melakukan penilaian hasil masakan kreatifts siswa SMK Negeri 1 Empat Lawang | Dok KS

EMPAT LAWANG – Revolusi mental mulai menjalar ke dunia pendidikan di bumi saling keruani sangi kerawati. Salah satunya, guna meninggalkan tradisi kegiatan pasca ujian “class meeting”, SMK Negeri 1 Empat Lawang memanfaatkan sepekan pasca ujian dengan agenda pekan kreasi siswa (PKS).

Perbedaanya, jika class meeting hanya diisi kegiatan atau pertandingan olahraga antar kelas, namun program PKS lebih banyak diisi dengan berbagai kegiatan kreatifitas siswa-siswi SMK Negeri 1 Empat Lawang. “Kita upayakan ini menjadi awal dari revolusi mental. Kalau class meeting selalu ada tawuran karena siswa berkeliaran, kini kita gelar program PKS, agar semua siswa dan guru ikut terlibat menampilkan kreatifitasnya,” jelas Kepala SMK Negeri 1 Empat Lawang, Syaiful Efendi, belum lama ini (21/12).

Dijelaskan Syaiful, sejak hari pertama Senin (15/12) kegiatan diisi kreatifitas, seperti lomba dalam bidang Rohanian Islam (Islam), disusul hari kedua dengan lomba kreasi seni serta lomba cerdas cermat serta pidato bahasa Inggris dilombakan pada hari Ketiga. Sementara untuk hari terakhir, dilaksanakan kegiatan pramuka yang dirangkai dengan perlombaan masak.

Setiap perlombaan kata Syaiful, diikuti siswa dari masing-masing jurusan di SMK Negeri 1 Empat Lawang. Seperti Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan jurusan Akutansi (AK). Semua kegiatan dilaksanakan di lingkungan sekolah, kecuali kegiatan pramuka dan lomba masak yang dilaksanakan di kawasan Jembatan Musi II Tebing Tinggi.

Syaiful menambahkan, melalui kegiatan ini sebagai bagiana dari dukungan sekolahnya dalam melakukan revolusi mental. “Kita ingin tampil beda dengan sekolah-sekolah lainnya yang selalu menggelar kegiatan class meeting sebelum pembagian raport. Selama kegiatan PKS ini, seluruh siswa dan guru dilibatkan. Tidak hanya perlombaan di bidang olahraga, namun banyak kegiatan yang kami lakukan selama PKS berlangsung,” imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan (Diknas) Empat Lawang, Roaisyah Hidayah, mengakui kekagumannya pada SMK Negeri 1 Empat Lawang yang melaksanakan kegiatan positif pasca pelaksanaan ujian. Menurut Ida, sapaan akrabnya, sekolah-sekolah lainnya bisa mencontoh kegiatan yang dilakukan SMK Negeri 1 Empat Lawang ini.

“Setiap siswa mempunyai kreatifitasnya masing-masing. Namun terkadang tidak tersalurkan. Kegiatan seperti ini sangat diperlukan, untuk mengasah kemampuan siswa dalam berkreasi,” tukasnya.

 

TEKS       : SAUKANI
EDITOR   : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *