Awas, Kasus Tapal Batas Jadi Target

Ilustrasi tapal | Ist

Ilustrasi tapal | Ist

PALEMBANG – Setelah terbentuknya Alat Kelengkapan Dewan (AKD) beberapa hari lalu, kini permasalahan tapal batas yang masih banyak ada di Sumsel akan menjadi prioritas anggota Komisi I DPRD Sumsel kedepan. Bahkan dalam waktu dekat, usai berkenalan dengan mitra kerja Komisi I, pihaknya akan segera memanggil pihak terkait yang bersengketa lahan.

Sekretaris Komisi I dprd Sumsel, Iwan Hermawan mengatakan, pihaknya berjanji akan segera menyelesaikan persoalan tapal batas yang ada di tiap kabupaten/kota di Sumsel. “Masalah sengketa lahan ini, kami sudah kami obrolkan dengan komisi I. Salah satu persoalan sengketa lahan terjadi di OKU dan OKU Timur, salah satunya di Desa Kedaton,” katanya. (22/12).

Iwan menambahkan, kasus sengketa lahan, biasanya terjadi antara pihak perkebunan atau perusahaan dengan masyarakat setempat masing masing. Diantaranya yang dialami masyarakat OKU yang memiliki tanah dari nenek moyangnya, kemudian ada plasma kebun sawit. Selain itu ada beberapa wilayah yang ditanami sawit dan diplasma. Namun secara geografis lokasinya masuk ke wilayah OKU Timur. “Akibatnya masyarakat OKU Timur menuntut, karena masuk daearah mereka,” ujarnya.

Menurut Iwan, persoalan sengketa lahan yang kerap berujung konflik antar masyarakat tersebut, hampir terjadi di setiap kabupaten/kota di Sumsel. “Tidak bisa dipungkiri, permasalahan kasus sengketa lahan ini, merupakan persoalan yang sangat kompleks. Rencananya, Komisi I awal tahun ini akan segera memanggil pihak-pihak terkait, termasuk juga pihak perkebunan. Karena tapal batas ini masalah urgen yang harus segera diselesaikan,” tegasnya.

 

TEKS      : ARDHY FITRIANSYAH
EDITOR  : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *