Dispenda Pagaralam Kejar Target Lewat “Door to Door”

PAGARALAM – Menjelang tutup buku tutup anggaran 2014, selama sepuluh hari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Samsat Kota Pagaralam melakukan penagihan wajib pajak (WP) yang mengalami tunggakan dengan sistem door to door.

“Sejauh ini kita baru berhasil mendata 60 unit kendaraan bagi pemilik kendaraan yang alamatnya diketahui. Semua ini dilakukan menjelang tutup buku tahun 2014, kita gencar melakukan berbagai gerak cepat dalam mengejar capaian target Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) maupun Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), salahsatunya penagihan tunggakan pajak kendaraan secara door to door,” kata Kepala UPTD Dispenda Samsat Kota Pagaralam, Eko Herdiansyah SE, MSi, melalui Kasi Penagihan Dirlani, kemarin.

Dirlani mengatakan, untuk di Pagaralam hingga memasuki penghujung tahun terealisasi Rp11.143.009.022 atau mencapai 80%, dari target yang ditetapkan sebesar Rp13.839.524.000.

“Kita terus menghimbau wajib pajak agar segera melunasi kewajibannya. Namun kita tidak bisa memberikan tindakan tegas kepada mereka, karena dalam kegiatan dimaksud hanya bersifat persuasif,” akunya.

Mengenai besaran pajak yang masih belum mencapai target di tahun ini, sambung Dirlani, hampir sebagian besar di wilayah Sumsel belum mencapai target yang ditetapkan. Termasuk Pagaralam sendiri masih berada di peringkat ke-7.

“Sebagian besar penduduk di Bumi Besemah ini sebagai petani kopi. Sementara menjelang akhir tahun, hasil panen kopi sedikit, sedangkan kebutuhan meningkat. Jangankan untuk membayar pajak kendaraan, untuk memenuhi kebutuhan saja sulit, sehingga kita tidak bisa berbuat banyak, selain mengarahkan dan menyarankan saja agar mereka taat membayar pajak,” ungkapnya.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN

EDITOR   : FJ ADJONG

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *