Wabup OKI : Staf Ahli Bukan Jabatan “Buangan”

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

KAYUAGUNG – Jabatan staf ahli selama ini  dianggap sebagai non job atau bangku panjang bagi para pejabat, di lingkungan pemerintahan karena tidak selalu berfungsi. Bahkan tak jarang dari mereka malas-malasan masuk kerja.  Oleh sebab itu Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) bersama Wakil Bupati memberdayakan para staf ahli tersebut sehingga dapat membantu bupati dalam pembangunan daerah.

Disampaikan Wakil Bupati OKI, M Rifai,   pembangunan daerah harus dilakukan bersama-sama, tidak ada jabatan yang tidak ada fungsinya.”Salah jika menganggap selama ini jabatan staf ahli  itu adalah  tempat buangan dan hukuman bagi para pejabat, posisi itu juga sebenarnya strategis dalam membantu bupati dalam membuat program pemerintah demi kebaikan bersama,” kata Rifai.

Saat ini Wabup, bersama para staf ahli telah melakukan evaluasi secara bersama-sama terhadap seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab OKI,” Pemberdayaan staf ahli itu sesuai dengan keahliannya masing-masing,” ungkapnya.

Selain melakukan evaluasi terhadap kinerja para SKPD, banyak tugas lain yang bisa ditangani SKPD,”Bisa juga pada momen-momen tertentu staf ahli mewakili Pemkab untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi,” katanya.

Karena itu ia minta kepada beberapa pejabat yang dimutasi sebagai staf ahli untuk tidak berkecil hati, apalagi menganggap posisi itu sebagai hukuman bagi mereka.

“Para staf ahli  itu sudah lama berada dibirokrasi pemerintahan, tentu punya pengalaman dan kemampuan,” ujarnya.

Ditambahkan Sekda OKI Husin, selama  staf ahli ini dikesankan sebagai tempat para mantan pejabat yang dianggap tidak loyal kepada bupati, kesan itu tidak akan berlaku lagi, karena saat ini staf ahli itu akan memaksimalkan tugasnya, seperti memberi masukan kepada Bupati dan membantu program pemkab OKI.

“Semua posisi jabatan memiliki fungsi dan tugas masing-masing. Entah itu pejabat struktural maupun fungsional, semuanya memiliki tugas dan tanggung jawab yang jelas, termasuk staf ahli,” ujarnya.

 

Teks    : Doni Afriasyah

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *