Ruang Terbuka Hijau di Palembang Masih Kurang

Ilustrasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kambang Iwak (KI) | Foto : Bagus Kurniawan

Ilustrasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kambang Iwak (KI) | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang mencatat, Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Palembang masih kurang. Karena, dari ketentuan minimal 30 persen RTH, saat ini Palembang baru memiliki 22 persen RTH.

Kepala BLH Palembang Tabrani mengatakan, untuk memenuhi sisa 8 persen kekurangan RTH tersebut, pihaknya meminta kepada pengembang perumahan atau developer, untuk menyediakan 30 persen RTH pada setiap proyek pembangunan perumahan.

“Pembangunan Perumahan di Palembang ini sangat pesat. Tapi, pengusaha perumahan yang menyediakan RTH minim,” ungkapnya, Jumat (19/12).

Sebut Tabrani, keberadaan RTH tersebut diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang yang salah satu poinnya adalah jumlah RTH di setiap kota sebesar 30 persen dari luas kota tersebut.

“Aturannya jelas, untuk mewujudkan itu semua pihak wajib melaksanakan ketentuan UU. Tidak ada alasan lahan tidak ada,” tegasnya.

Jelas Tabrani, sedikitnya ada tiga fungsi utama jika RTH terpenuhi didalam kota yakni, ekologis, sosial ekonomi dan evakuasi.

“Air bisa terserap. Sehingga mampu mengurangi genangan air di Kota Palembang ini,” ujarnya.

Dia berkata, apabila pengusaha perumahan tidak melaksanakan aturan tersebut. Pihaknya berjanji akan memberikan sangsi tegas.

“Tidak ada tolerasi lagi, sudah jelas dalam mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB), pengembang harus menyediakan RTH 30 persen dari luas lahan yang akan di bangun, jadi wajib dilaksanakan”, imbuhnya.

Sementara itu, sebelumnya Plt Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat Metropolis untuk menanam pohon, agar tidak terjadi Pemanasan Global. Katanya, manfaat pohon banyak, selain mampu menyerap karbon dioksida, juga bisa menghasilkan oksigen.

“Setiap satu pohon itu, minimal mampu menghasilkan 1 kilogram (Kg) oksigen dan setiap 1 kg oksigen bisa memenuhi kebutuhan dua orang manusia,” ucapnya.

 

TEKS      : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *