Program Kuliah Gratis, Sirozi : Daya Saing Mutlak Diperlukan

Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Prof. M. Sirozi, MA, PhD . | Dok KS

Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan. Prof. M. Sirozi, MA, PhD . | Dok KS

Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Prof. M. Sirozi, MA, PhD mengharapkan untuk kesukesan Program Kuliah gratis perguruan tinggi dalam penerimaan mahasiswa baru, harus diperbanyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Pendidikan gratis hingga ke perguruan tinggi tersebut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah ini, katanya.

Untuk itu, tambah Sirozi, pihaknya medukung rencana Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan itu dalam mewujudkan pendidikan gratis hingga ke perguruan tinggi. Realisasinya harus ada kerja sama antara Dinas Pendidikan Sumsel dan perguruan tinggi terutama masalah pendanaan.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo saat ini pihaknya tengah melaksanakan persiapan menyusun dan pembahasan rancangan peraturan daerah untuk module kuliah. Kita rencanakan rancangan perda dari eksektif pada Juli sudah mulai dilakukan pembahasannya di DPRD,” kata Widodo lagi.

Sirozi mendukung module kuliah gratis yang akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sumsel karena saat ini masyarakat Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi masih sangat rendah.

“Angka partisipasi masyarakat yang melanjut ke perguruan tinggi secara nasional sekitar 25 persen setelah mereka lulus SMA dari yang berusia 19-24 tahun. Untuk Sumatera Selatan angkat partisipasinya sekitar 18-20 persen saja,” kata Sirozi yang juga guru besar IAIN Raden Fatah, Palembang.

Sirozi mengingatkan agar module kuliah gratis dirancang secara matang dan tepat sasaran. “Sekarang ini di perguruan tinggi  sudah banyak module bantuan pendidikan berupa beasiswa dari pemerintah pusat maupun BUMN/BUMD yang diberikan kepada para calon mahasiswa berprestasi. Jadi module kuliah gratis ini jangan sampai berbenturan atau tumpang tindih dengan module yang sudah ada,” ujarnya.

 

TEKS/EDITOR : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *