Menanti Kinerja Hamid di BI

Hamid Ponco Wibobo saat menandatangani serah terima jabatan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan. | Ferry KS

Hamid Ponco Wibobo saat menandatangani serah terima jabatan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan. | Ferry KS

PALEMBANG – Deputi Gubernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah secara resmi memimpin serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan dari R Mirmansyah kepada Hamid Ponco Wibobo bertempat di aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Palembang, Jumat (19/12) .

Dalam serah terima jabatan, Deputi Gubernur BI, Halim Alamsyah meminta kepada pimpinan baru ini agar dapat menjaga organisasi Bank Indonesia tetap memiliki kinerja dan motivasi yang tinggi sehingga dapat menjaga kesinambungan peran, tugas, fungsi, dan tanggung jawab Bank Indonesia dalam mendukung serta mengembangkan perekonomian yang kondusif di Provinsi Sumatera Selatan bagian dari perekonomian nasional.

Ia berkata, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja perekonomian Sumsel. Secara komprehensif, perekonomian Sumsel tahun 2014 diperkirakan tumbuh sebesar 5,1 – 5,5 persen (yoy) atau lebih tinggi dibandingkan dengan growth ekonomi Sumatera sebesar 4,6-5,0 persen (yoy) dan sama dengan perkiraan growth ekonomi nasional.

Begitupun tingkat inflasi November sebesar 5,6 persen (yoy). Kendati sedikit meningkat dibandingkan dengan triwulan III sebesar 4,33 persen, namun pasokan bahan pangan terpantau terjaga yang membuat tekanan inflasi dari volatile food berkurang. Bahkan, menjadi penyumbang utama deflasi Palembang dua bulan terakhir.

“Kami menilai kondisi ini sebagai suatu pencapaian positif yang tentunya merupakan hasil dari strategi, koordinasi dan kerjasama antara pemerintah daerah Sumsel dan BI, tim pengendali inflasi daerah (TPID) dan lembaga lainnya,” tuturnya.

Sebagai lembaga yang memiliki mandat dalam kebijakan moneter, sistem pembayaran dan makroprudensial, kata dia, pihaknya senantiasa berupaya untuk terus melakukan penguatan fungsi kantor BI, terutama didaerah agar mampu menjadi mitra strategis bagi pemerintah dalam pengembangan perekonomian, pengendalian inflasi dan perumusan kebijakan ekonomi daerah.

Di samping itu pula, pihaknya juga senantiasa mendorong berjalannya fungsi koordinasi moneter, fiskal dan sektor riil di daerah, penguatan peran TPID dan peran advisory kepada pemerintah daerah melalui dukungan kajian ekonomi dan keuangan regional serta analisis daya saing daerah.

“Kami ucapkan selamat bertugas di tempat yang baru bagi R Mirmansyah dan kepada Hamid Ponco Wibowo untuk dapat lebih meningkatkan kinerja KP BI Wilayah VII Palembang melalui pelaksanaan fungsi, tugas, dan kewenangan BI bidang moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran dengan harapan dapat dirasakan manfaatnya bagi lapisan masyarakat Sumsel,” jelasnya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah VII Palembang, Hamid Ponco Wibowo menambahkan, dalam tahap awal ini pihaknya akan melakukan konsolidasi mendalam dan tetap melanjutkan program yang telah dijalankan pejabat lama.

“Untuk koordinasi akan terus ditingkatkan baik koordinasi dalam penguatan peran TPID, stabilitas sistem keuangan, menjaga kelancaran sistem pembayaran, pengembangan sektor riil dan UMKM hingga koordinasi dengan para stakeholder BI, termasuk media massa,” ujarnya.

Beberapa prestasi membanggakan yang ditorehkan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah VII Palembang selama tahun 2014 antara lain bersinergi dengan pemerintah daerah melalui TPID dalam mengendalikan inflasi, meningkatkan kualitas konsultan keuangan mitra bank melalui berbagai pelatihan, membangun kemandirian petani padi organik di OKU Timur, menjaga kelangsungan adat dan budaya Palembang melalui pelatihan pembuatan songket, meningkatkan ketahanan pangan di Sumsel, mendorong kewirausahaan Sumsel, meningkatkan pendidikan hingga menggiatkan gerakan nasional non tunai di perguruan tinggi.

 

TEKS     : AMINUDDIN
EDITOR  : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *