Empat Lawang Hijaukan Jalan Dengan Mahoni

Ilustrasi Pohon Mahoni |Ist

Ilustrasi Pohon Mahoni |Ist

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) memastikan, siap menghijaukan wilayah Ibukota Kecamatan Tebing Tinggi dengan pohon mahoni.

Kepala BLHD Empat Lawang Darno Bakar menyebut, sejauh ini kondisi Empat Lawang terutama disepanjang jalan poros masih kusam dan perlu ada penghijauan, agar Tebing Tinggi menjadi lebih sejuk.

Dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh di pinggiran jalan poros dan tempat umum lainya. Karena pohon Mahoni ini juga dapat mengurangi populasi udara 47-69 persen.

Menurut Darno, kegiatan penanaman pohon ini dilakukan setiap hari Jumat. Dalam satu hari tersebut bisa mencapai puluhan pohon ditanamkan di jalan-jalan.
Dan ke depanya nanti bisa menjadi pelindung-pelindung di jalan agar tidak panas. Paling tidak dengan adanya pohon Mahoni polusi udara bisa berkurang.

“Memang kalau program ini hasilnya tidak langsung kelihatan. Namun beberapa tahun kemudian akan terlihat hasilnya. Dan juga kenapa ditanam Mahoni karena mampu bertahan hidup di tanah yang gersang. Sangat cocok sekali untuk di pinggir-pinggir jalan walaupun tidak disiram hingga berbulan-bulan. Yang jelas manfaatnya cukup banyak,” jelasnya.

Dikatakanya, untuk mempercepat program ini juga diperlukan kerjasama dengan perusahaan swasta. Hal ini sebagai bentuk kepedulian pihak swasta terhadap lingkungan hidup.

“Peran pihak swasta juga sangat penting dalam kepedulian lingkungan ini,” ujarnya.
Ditambahkan Darno, Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri juga sangat mendukung penanaman penghijauan ini. Fungsinya cukup banyak, bisa memperindah Kota Tebing Tinggi dan mengurangi polusi mengingat Tebing Tinggi ini merupakan daerah lintas sumatera yang banyak dilewati oleh kendaraan umum.

“Alhamdullilah program ini juga di dukung oleh bapak bupati. Dan tidak kalah pentingnya juga perlu dukungan dari masyarakat. Paling tidak mereka dapat menjaga pohon Mahoni yang telah ditanamkan. Sehingga bisa tumbuh dengan baik,” tukasnya.

 

TEKS     : SAUKANI
EDITOR : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *