Buruh Harus Pikirkan Perusahaan

PALEMBANG – Terkait upah para buruh dan pekerja yang kian hari meminta ditingkatkan, menurut Wakil DPRD Sumsel Chairul S Matdiah sudah merupakan hal wajar. Akan tetapi disisi lain, harus juga dipikirkan pihak perusahaan yang belum mampu dalam merealisasikan hal itu. Hal terpenting lain yang dikatakannya yakni pembentukan dewan pengupahan disetiap Kabupaten Kota juga akan berpengaruh terhadap kesinambungan pihak perusahaan dan pekerja.

“Dewan pengupahan di Sumsel ini kan baru ada dua yaitu Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin. Sebaiknya segera dibentuk semua, sehingga jika terdapat keluhan dan berbagai haln, dapat diselesaikan ditempat masing masing, apalagi kalau gelar demo tidak perlu lagi harus datang ke Provinsi, cukup di Kabupaten Kota setempat saja,” kata Chairul S Matdiah.

Lanjutnya, jika mengenai penetapan upah sendiri, di era saat ini dengan kenaikan harga bahan bakar minyak yang ditetepkan pemerintah pusat sebuah hal yang wajar.

“Memang pada dasarnya sah saja pekerja meminta kenaikan gaji UMP atau UMK, karena sesuai kebutuhan saat ini,” ujarnya.

“Akan tetapi, bagaimana dengan pihak perusahaan yang belum mampu melakukannya, mau tidak mau,kalau tidak karyawan atau pekerjanya yang menerima saja atau perusahaan itu akan gulung tikar atau bangkut, meski memang bertentangan dengan aturan dan UU yang ada,” tambah kader Demokrat yang juga memiliki profesi sebagai pengacara ini.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, para buruh berdemo dikantor Gubenur kemarin lusa guna meminta kenaikan UMP dengan kemudian ditetapkan oleh Pemrov Sumsel sebesar Rp. 2.213.001 dengan melalui proses pertemuan antara Pemrov dan Dewan Pengupahan dan perwakilan buruh.

 

TEKS       : ARDHY FITRIANSYA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *