Adik Meninggal, Sidang Romi Herton Tertunda

Romi Herton dan Istrinya | Dok KS

Romi Herton dan Istrinya Saat Menghadiri Pemakaman Adiknya, Dengan pengawalan ketat di Kepolisian | Dok KS

PALEMBANG – Sidang lanjutan terpidana kasus suap Pilkada Palembang, Romi Herton dan istrinya Masyitoh yang dijadualkan, Kamis (18/12) pukul 09.00 WIB terpaksa ditunda, pasalnya adik kandung Romi yang bernama Rudi Irwan tutup usia.

Kuasa Hukum Romi, Sirra Prayuna mengatakan, sidang akan dilanjutkan kembali 8 Januari 2015 mendatang. Menurutnya, sidang tidak akan terganggu, karena hak untuk hadir meninggalnya kerabat romi merupakan hak romi.

“Setelah melalui proses pengajuan permohonan kepada majelis hakim. Akhirnya Romi dan Masyitoh diperbolehkan untuk melayat. Dan sidang ditunda sampai 8 Januari 2015,” katanya saat dibincangi di TPU Kebun Bunga, Kamis (18/12).

Ujar Sirra, pengajuan pergi keluar rutan terhadap terdakwa Romi ini merupakan pengajuan pertama, semenjak ditahan oleh KPK.

“Ini pengajuan pertama, karena ini bagian pemenuhan hak azasi terdakwa untuk hal kemanusian. Yah pasti diberikan izin, sesuai protap dan aturan yang ada. Tapi tidak lama, karena pukul 19.20 WIB sudah kembali lagi ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda,” sebutnya.

Ungkapnya, proses sidang terhadap Romi dan Masyitoh saat ini dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi, kemudian pemeriksaan terdakwa, dilanjutkan pembacaan tuntutan, pledoi, baru yang terakhir putusan.

“Kemungkinan akan selesai akhir Februari 2015 mendatang. Mudah-mudahan cepat selesai. Sehingga tidak berlarut-larut,” bebernya.

Ditanya apakah pihaknya mengajukan banding setelah putusan keluar ? Sirra menjawab, pihaknya belum bisa memastikannya, karena untuk melakukan hal itu, harus melalui pengkajian yang mendalam.

“Tidak bisa sembarang. Tunggu saja, kan saekarang baru proses pemeriksaan saksi-saksi,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *