Tumpukan Sampah di Jalan Irigasi Kian Menggangu

PALEMBANG – Warga yang berada di Jalan Irigasi, Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang mengeluhkan tumpukan sampah yang ada di dekat perumahan warga yang menimbulkan bauk tidak sedap. Paranya, tumpukan sampah tersebut sudah terjadi bertahun-tahun. Tapi, belum ada solusinya.

Salah seorang warga sekitar, Sahilin (31) mengatakan, tumpukan sampah tersebut sudah terjadi bertahun-tahun dengan volume yang tidak menentu.

“Kadang tumpukannya banyak, kadang sedikit. Tapi, dari pihak Pemerintah tidak pernah mencarikan solusinya. Padahal, sudah kami laporkan hal itu, karena sangat menggagu,” katanya, Rabu (17/12).

Warga lainnya, Andri (28) mengatakan, yang sering membuang sampah di Jalan Irigasi tersebut kebanyakan orang luar atau warga yang melintasi jalan itu.

“Kalau warga sekitar tidak pernah buang sampah disana. Karena tau akan menimbulkan bau tidak sedap,” katanya.

Pria yang berpropesi sebagai karyawan swasta di Palembang ini berharap, pihak terkait segara mencarikan solusi agar sampah yang sudah bertahun-tahun menumpuk di wilayah tersebut dapat diangkut atau buat plang larangan.

“Sudah sangat mengganggu. Apalagi musim penghujan seperti sekarang, sampah sering terbawah air. Hingga berceceran dijalan,” akunya.

Menanggapi hal itu, Lurah Siring Agung, Koryati mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya segera ke lokasi Jalan Irigasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah liar.

“Kalau lahan yang dijadikan tempat pembuangan sampah itu milik seseorang. Maka, kami akan tegur pemiliknya. Namun, apabila dilakukan di pinggir Jalan maka, kami akan koordinasi dengan Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang,” katanya.

Koryati berjanji, pihaknya akan membuat plang larangan membuang sampah dikawasan tersebut. Bagi masyarakat sekitar yang menemukan tempat pembuangan sampah liar, segera laporkan ke pihaknya.

“Dengan begitu kami bisa tindaklanjuti. Jangan sampai berlarut-larut. Karena sangat menggagu,” katanya.

 

TEKS    : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *