Tanggal 23 Desember Ketua DKP Resmi Dipilih

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Dewan Kesenian Palembang (DKP) akan mengadakan Musyawarah Seniman Palembang (MSP) tanggal 23 Desember 2014 di Graha Budaya, Jakabaring Palembang. Musyawarah ini adalah forum tertinggi DKP guna membahas Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Program, dan pergantian kepengurusan yang berakhir tahun 2014 ini.

“Musyawarah Seniman Palembang ini sejalan dengan berakhirnya masa kepengurusan Dewan Kesenian Palembang (DKP) periode 2009-2014,” cetus Ketua DKP Suparman Romans periode 2009-2014, Rabu (17/12).

Cetus Suparman, bahwa DKP yang dibentuk tanggal 9 bulan 9 tahun 1999 telah tiga kali mengadakan MSP. Tahun 2014 ini yaitu MSP yang keempat. Periode pertama (1999-2004) di ketuai Sofyan Rawi, periode (2004-2009) diketuai R. Syahril Erwin, dan periode ketiga (2009-2014) diketuai Suparman Romans.

“Selama berdiri, DKP organisasi yang menghimpun seniman di Palembang telah berbuat semaksimal mungkin. Namun, kami sadar masih banyak kelemahan-kelemahan di antaranya disebabkan karena belum adanya payung hukun yang mengatur keberadaan DKP dan keterbatasan operasional DKP,” ujar lelaki yang juga menjabat Ketua KONI Kota Palembang ini.

Ungkap Suparman, meski di tahun pertama di masa kepengurusan periode 2004-2009 ini tidak ada dana sama sekali, namun tahun kedua mendapat dana hibah Rp 100 juta dan kemudian mengalami peningkatan yang cukup siginifikan menjadi Rp 500 juta per tahunnya.

“Tiga tahun terakhir ini, DKP mendapat bantuan dari APBD kota dalam bentuk program-program kesenian senilai Rp 500 juta. Alhamdulillah,” kata Suparman bangga.

Terkahir, dia menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Budpar Kota Palembang dan DPRD Palembang telah mendukung penuh program-program DKP. Dengan adanya dukungan ini, DKP dapat melakukan program-program pertunjukan seni, pameran penghargaan, penerbitan buku seni, dan pelatihan-pelatihan seni.

Sementara itu, Ketua Program DKP, Vebri Al Lintani menyebutkan, bagi masyarat seni yang ingin menjadi ketua DKP dipersilakan mendaftarkan diri dan akan dipilih melalui MSP pada 23 Desember 2014.

“Pendaftaran akan kita mulai sejak hari ini, Kamis (18\12),” kata Vebri.

Selain mengisi formulir, calon ketua DKP pun harus memenuhi sejumlah persyaratan, yakni Berketuhanan Yang Maha Esa, memiliki visi misi membangun kesenian di Palembang, membuat fakta intergritas seara tertulis, berdomisili di kota Palembang (dibuktikan dengan KTP), dan memberikan bio data (curuculum vitae) lengkap.

Iir Stoned, selaku Ketua Panitia MSP berkata, pihaknya telah menyiapkan formulir bagi yang ingi mencalonkan diri menjadi ketua DKP.

“Formulir dapat diambil langsung di sekretariat DKP yang beralamat di depan RS AK Gani atau dalam lingkugan BKB,” kata Iir.

 

TEKS     : YUNI DANIATI

EDITOR  :  RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *