Peminat KB Melambung

MUARAENIMBerdasarkan data yang diperoleh dari UPTD Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Tanjung Agung, Muaraenim, bahwa peserta KB baru di wilayah ini meningkat menjadi 106 persen atau sebanyak 2.555 peserta baru. Dari target yang telah ditetapkan pada 2014 sebanyak 2.393 peserta. Pencapaian realisasi ini didorong oleh kinerja yang sangat baik dari para penyuluh dan kader yang ada di desa.

“Kita sangat bersyukur tahun ini peserta KB di Kecamatan Tanjung Agung naik. Hal ini dicapai berkat banyaknya kegiatan penyuluhan di masyarakat,” tutur Kepala UPTD KB Kecamatan Tanjung Agung, Indris, kemarin (17/12).

Selama ini, terang Idris, yang masih menjadi pilihan kebanyakan peserta KB adalah berjenis Implan. Alasannya, karena kontrasepsi jenis ini, sangat mudah dipasang dan mempunyai masa berlaku lebih lama di banding dengan jenis yang lain. Sedangkan, untuk kondom, peminatnya masih belum banyak.

“Untuk kondom sendiri, ada peminatnya, bahkan tahun ini naik. Tetapi animo masyarakat memakai alat KB ini masih sedikit. Bahkan stok yang ada masih banyak,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, stok kondom pada tahun ini sebanyak 69.120 satuan. Untuk tahun ini juga, stoknya tidak mengalami penambahan dan hanya sekali pengiriman pada bulan November kemarin. Menurutnya, alat kontrasepsi kondom ini tidak mempunyai efek samping serta mudah digunakan.

“Tetapi justru dari kalangan ibu-ibu yang tidak cocok dengan alat KB kondom ini, alasanya ribet. Disamping itu juga, karena kita ini di desa mungkin warga masih malu-malu,” katanya.

Lanjutnya, selama ini alat kontrasepsi bantuan pemerintah tersebut telah didistribusikan dengan baik. Pihaknya dibantu melalui puskesmas, bidan desa, dan Pembantu Pembina KB Desa (PPKBD) untuk memberikan alat kontrasepsi tersebut secara gratis.

“Saya sarankan kepada warga agar aktif mengikuti program KB, untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” pungkasnya.

 

TEKS       : SISWANTO

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *