Empat Puskesdes Siap Dioperasikan

Ilustrasi Puskesmas | Ist

Ilustrasi Puskesmas | Ist

INDRALAYA – Setelah dibangun tahun ini, empat Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) yang tersebar di tiga kecamatan dalam Kabupaten Ogan Ilir akan digunakan.

Hal ini diungkapkan langsung PLT Kepala Dinas Kesehatan, dr Hj Siska Susantin melalui Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan, Hendra Kudeta, kemarin.

Menurutnya, pembangunan empat puskesdes tersebut sudah selesai yang terletak di Tunas Aur Standing Kecamatan Indralaya, Mayapati Kecamatan Pemulutan Selatan, dan Tanah Abang, Muara Kuang Kecamatan Muara Kuang.

“Total puskesdas yang kita punya termasuk empat puskesdes sebanyak 199 puskesdes. Jadi, tinggal 42 desa lagi di Ogan Ilir ini yang belum memiliki puskesdes,” tuturnya.

Lanjutnya, untu 42 desa ini rencananya akan dibangun secara bertahap. “Yang pasti setiap tahun kita ajukan terus. Kita berharap direalisasikan,” imbuhnya.

Disinggung kapan tepatnya empat puskesdes tersebut akan dioperasikan, Hendra Kudeta mengaku, secepat mungkin. “Alat-alat kesehatannya sudah lengkap, sebanyak 45 macam,” ungkapnya sembari menunjuk alkes yang berada di kantor Dinas Kesehatan.

Sambung Hendra, alkes yang ada seperti, lemari obat, tempat tidur pasien, tempat tidur bayi, mobiler, dan lain sebagainya. “Ini sudah kita cek satu persatu, dan barangnya lengkap. Tinggal lagi menunggu stresing, kalau sudah baru didistribusikan,” imbuhnya.

Masalah biaya, alkes dan empat puskesdes ini menggunakan dana Dana Alokasi Keuangan (DAK), dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). “Untuk tehnisnya, itu sekarang sudah sistem katalog,” katanya.

Tak hanya itu lanjutnya, pihaknya juga baru memiliki dua mobil Ambulans dengan menggunakan dana DAK tahun ini, satu untuk Puskesmas Payaraman, dan satunya distenbaykan di Dinas Kesehatan.

“Untuk semua kecamatan sudah memiliki semua ambulan, memang untuk Puskesmas Payakabung mengalami kerusakan. Tapi, sekarang sudah bagus, karena sudah diperbaiki. Kalau isu hampir separu ambulan di Ogan Ilir tak layak pakai, itu tidak benar,” pungkasnya.

 

Teks  : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *