Sering Padam, Warga Mulai Resah

hl

Indralaya – Selama bulan Desember 2014 ini hampir setiap hari, aliran listrik darI Desa Muara Meranjat Kecamatan Indralaya Selatan hingga Desa Muara Kuang, Kecamatan Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir (OI), mengalami pemadaman listrik mulai pukul 09.00 WIB- 17.00 WIB.

Alhasil, kondisi tersebut sangat merugikan masyarakat khususnya yang memiliki berbagai jenis usaha. Selain itu masyarakat banyak yang kurang disosialisasikan tentang adanya pemadaman listrik tersebut.

“Kita sebagai pelanggan memang tidak mengetahui, apa permasalahannya sehingga sebulan terakhir listrik sering mati di siang hari, pada hal cuaca sangat cerah,” tanya Edi Hendri (35) warga Kelurahan Tanjung Batu kemarin.

Edi berharap, PLN Ranting Indralaya kiranya harus melakukan sosialisasi dengan jelas bila ada rencana pemadaman listrik, sehingga masyarakat tidak terkejut. Apalagi pemadaman itu dilakukan berulang-ulang.

“Saya kira pelanggan juga maklum bila ada pekerjaan atau perbaikan terhadap kerusakan PLN yang memaksa listrik harus dipadamkan,” katanya.
Sementara itu, Supervisor Teknik Pelayanan PLN Rayon Indralaya, Juniyardi Alamsyah ketika dikonfirmasi menjelaskan, bila pemadaman listrik di siang hari belakangan ini karena ada pekerjaan sangat penting yakni adanya pergantian kabel listrik yang lebih besar dan pemangkasan pohon di pinggir jalan.

Menurut Juniyardi, pemadaman itu diperkirakan berlangsung hingga akhir Desember 2014 setiap hari Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu.
Juniyardi menjelaskan, selama ini kabel listrik di pasang itu terlalu kecil kisaran 35-50 inci dan diganti menjadi 130 inci. “Ini sangat berpengaruh pada tegangan. Muda-mudahan dengan kabelnya yang besar tegangan listrik cukup stabil,” katanya kemarin.

Kemudian terkait dengan pemangkasan pohon dipinggir jalan, karena selama ini cukup mengganggu. “Kerap listrik byar pet jika da tiupan angin kencang. Kalau sekedar hujan masih aman, tapi bila ada tiupan angin kencang listrik sering padam,” ujarnya.

Teks : Junaedi Abdillah

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *