DPRD Minta Cabang KPK di Palembang

Joncik Muhammad- Anggota DPRD Sumsel

Joncik Muhammad- Anggota DPRD Sumsel

PALEMBANG – KSRencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan membuka cabang di sejumlah kota, termasuk di wilayah Sumatera, dinilai positif oleh anggota DPRD Sumsel. Bahkan diantara anggota DPRD Sumsel mengatakan cabang KPK perlu juga dibuka di Palembang. “Saya pribadi berharap cabang KPK berada di Palembang, karena pusat kota Sumsel. Dan menurut saya biasanya kalau baru tidak akan terjadi yang namanya kong-kalikong,” ucapnya yakin.

Lebih lanjut Cahirul mengatakan, jika KPK membuka cabang di Sumatera akan membuat pengawasan terhadap tindak korupsi lebih maksimal dan diharapkan semakin cepat dalam mengungkap kasus. “Saya kira ini akan semakin mempersempit ruang gerak para pelaku korupsi khususnya kalangan pejabat pemerintahan dan perusahaan milik Negara BUMN maupun BUMD. Bahkan kita sebagai wakil rakyat meyakini, tidak akan terjadi kongkalikong, meski jarak dekat serta tetap meyakini independensi KPK tersebut dan tidak dapat diintervensi oleh pihak manapun,” ujarnya saat dibincangi di ruang kerjanya, kemarin.(16/12).

Diungkapkan Chairul, dibentuknya kantor cabang KPK di Sumatera akan membuat pengawasan terhadap tindak korupsi lebih maksimal. Diharapkan, menurut Chairul kasus-kasus korupsi semakin cepat dan mudah diungkap. dalam.”Tidak ada kekhawatiran akan terjadi kongkalikong. Sangat bagus sekali untuk menghindari pejabat negara yang berbuat korupsi. Saya meyakini instansi KPK jujur, namun terlepas dari oknum tidak bisa menjamin,” katanya.

Chairul menambahkan, dengan dibuatnya cabang KPK di Sumatera justru malah akan menghindari tindak pidana korupsi. Bagaimana tidak? menurutnya selama ini banyak orang, apalagi pejabat sudah takut mendengar KPK, apalagi jika lembaga yang konsen dalam pemberantsan korupsi itu berkantor di wilayah Sumatera.

“Setelah benar dibuka cabang disini saya juga menghimbau serta berharap agar KPK disini jangan pernah mau didatangi orang atau kantor dan instansi yang tidak memiliki kepentingan,” pungkas politisi yang berprofesi pengacara ini.

Hal serupa juga dikatakan kader Partai Amanat Nasional (PAN) Sumsel Joncik Muhammad. Menurut dia, adanya cabang KPK tersebut akan mengurangi segala bentuk tindakan korupsi di masyarakat. Mulai dari kalangan bawah hingga pejabat sekalipun. “Saya sangat setuju, dengan rencana itu. Paling tidak, dengan adanya cabang KPK akan mengurangi praktik korupsi di daerah, dan meningkatkan pengawasan terhadapn kemungkinan terjadinya praktik korupsi. Bahkan dalam hal ini, pihak pemerintah juga tidak akan bisa mengintervensi kewenangan KPK,” terang Ketua Komisi II DPRD Sumsel ini.

Joncik meyakini, kalaupun ada cabang KPK di daerah tidak ada kekhawatiran terhadap kemungkinan terjadinya kongkalikong antara orang atau pejabat dengan KPK. “Saya percaya KPK tetap konsisten dengan sikapnya. Jangankan orang biasa atau pejabat biasa, anak pengusaha atau partai penguasa saja ditangkap olah KPK, jika mereka memang salah,” pungkas Joncik.

TEKS : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *